Saturday, August 10, 2013

Day 5 : Asyiknya Shopping di Ladies’ Market dan Mong Kok Area

Dreamland Traveller


Day 5 : Asyiknya Shopping di Ladies’ Market dan Mong Kok Area
            Dreamland bangun agak siang pagi ini mengingat badan yang sangat lelah akibat Macau Trip kemarin. Setelah mandi dan bersiap-siap, serta sarapan ala kadarnya di kamar, Dreamland pun melakukan check-out dan mendaftar jasa bus menuju MTR Tsing Yi. Memang harga jasa bus dari hotel Rambler Garden ini lebih mahal, yakni 5 HKD, namun lebih praktis karena barang bawaan Dreamland sudah beranakpinak akibat berbelanja di Shenzhen.
            Akhirnya pukul 11.30, Dreamland langsung diantar ke MTR Tsing Yi yang berjarak 15 menit dari hotel. Dreamland pun segera melakukan top-up Octopus Card yang mulai menipis, setelah itu masuk ke MTR untuk menuju Jordan Station sebagai lokasi terdekat dengan hotel Dreamland selanjutnya. Dari MTR Tsing Yi, Dreamland menuju ke MTR Lai King, kemudian pergi MTR Jordan. Sesampainya di MTR Jordan, Dreamland diberitahu untuk mengambil pintu keluar D yang terdekat dengan lokasi Embassy Hotel.
            Keluar dari MTR, Dreamland melihat jalanan di Nathan Road ini sangat ramai. Spanduk dan reklame menghiasi gedung dengan meriah. Dreamland pun berjalan kaki sebentar dan akhirnya tiba di Embassy Hotel. Rupanya hotel ini terletak di lantai 3 dan tempatnya sangat kecil. Sangat amat tidak layak disebut sebagai hotel. Di depan hotel terdapat petunjuk bahwa jam masuk kamar hotel adalah pukul 02.00. Dreamland kan membawa barang bawaan banyak dan mau menitip.
            Tahu apa respon yang Dreamland dapatkan? Dreamland dimaki-maki dalam bahasa Kanton yang tidak dimengerti sambil menunjuk papan pengumuman yang ada di depan. Peristiwa ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Akhirnya Dreamland kembali turun ke bawah dan terpaksa mengungsi ke Mc Donald terdekat yang ada di seberang jalan. Dreamland pun menjadi tontonan karena membawa barang banyak sambil jalan. Hiks…
            Dreamland pun menghabiskan waktu hingga pukul 14.05 di McDonald sambil memesan menu asal seharga 33 HKD. McDonald di Hong Kong ini sangat kasihan karena letaknya di bawah tanah gedung bertingkat. Wajar harga lahan di Hong Kong sangat mahal, sehingga sepetak tanah di sini dihargai sangat amat mahal. Dreamland pun kembali ke hotel dan bertemu lagi dengan petugas hotel yang sangat sangat amat menyebalkan itu. Dreamland dimarah-marahin tidak jelas, disuruh bawa koper ke dalam, terus dijelasin fasilitas kamar berkali-kali kayak orang bego.
            Setelah bayar uang hotel dan dapat kunci kamar, eh dia masih aja ngoceh. Makin malas saja Dreamland dan kesan pada hotel ini semakin buruk. Langsung Dreamland buru-buru keluar dari hotel setelah menaruh barang bawaan dan berjalan kaki sangat jauh untuk menuju lokasi wisata populer khas turis Indonesia, yakni Ladies’ Market. Sepanjang jalan, Dreamland melihat jalanan Hong Kong sangat penuh oleh warga lokal maupun turis. Jalanannya sangat amat padat.
            Dreamland melihat-lihat pertokoan yang ada di sepanjang jalan menuju Ladies’ Market dan membeli sejumlah barang yang dianggap bermanfaat. Sesampainya di Ladies’s Market, Dreamland bisa mengibaratkan tempat ini seperti pasar di Tegal Lega yang penuh dengan pedagang. Bedanya pedagang di sini sangat amat tidak sopan ya. Jika kita menawar dengan harga yang murah, mereka langsung marah-marah mengusir kita. Peristiwa ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.  
            Dreamland berjalan-jalan sepanjang Ladies’ Market dan kemudian hujan deras mengguyur Hong Kong. Alhasil Dreamland membatalkan rencana pergi ke tempat wisata outdoor, seperti Giant Buddha di Tung Chung. Dreamland pun akhirnya hanya menghabiskan hari ini dengan berjalan-jalan masuk keluar mal yang ada di sepanjang Nathan Road ini. Kemudian membeli makanan dan akhirnya kembali ke hotel karena kaki yang sudah sangat pegal.
            Mengingat ada acara TV yang menarik di hotel yang sempit ini seputar kompetisi design, Dreamland pun akhirnya menghabiskan waktu dengan menonton TV saja. Kemudian Dreamland melihat pemandangan jalan dari kamar. Kebetulan kamar Dreamland dipindahkan ke kamar yang kondisinya lebih baik saat pulang. Entah karena alasan apa yang jelas Dreamland lebih suka kamar yang ini karena tidak sumpek dan sesak seperti yang diberikan pada waktu awal. Kamar ini adalah kamar England jika Anda mau booking di Embassy Hotel yang tidak direkomendasikan Dreamland ini.
            Unik rasanya merasakan hiruk pikuk keramaian Hong Kong di Nathan Road dan Ladies’ Market ini.

Hong Kong, 3 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Hong Kong menggunakan mata uang Hong Kong Dollar (HKD) sebagai mata uang yang sah.
- Kurs 1 HKD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 1.300 IDR.
- Turis Indonesia tidak memerlukan visa khusus untuk mengakses Hong Kong.
- Tempat wisata menarik yang ada di Hong Kong, antara lain Avenue of Stars, Victoria Peak, Repulse Bay, Ngong Ping 360, Ladies’s Market, dan masih banyak lainnya.
- Warga Hong Kong dapat dikatakan sangat amat tidak ramah terhadap turis karena suka sekali mengusir turis jika harga yang mereka tetapkan tidak cocok. Demikian juga terjadi di hotel, pelayanannya sangat amat galak dan buruk.
- Transportasi di Hong Kong sangat mudah dengan menggunakan MTR, bus, tram, dan taksi. Khusus untuk taksi, terdapat warna taksi yang berlainan yang melayani wilayah yang berbeda-beda.
- Transaksi di Hong Kong sangat mudah menggunakan Octopus Card, baik untuk MTR maupun untuk berbelanja.
- Kita dapat pergi ke Shenzhen maupun Macau dengan mudah dengan MTR maupun ferry.
- Kawasan paling hidup di Hong Kong adalah di wilayah Mongkok dan Tsim Tsa Tsui.
- Pastikan untuk menjaga barang bawaan di keramaian karena sangat banyak copet yang berkeliaran.
- Hong Kong mempunyai standar kehidupan yang lebih tinggi dibandingkan Singapore terlihat dari biaya makan, hotel, dan transportasi yang mahal.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.