Sunday, August 11, 2013

Day 6 : Bye Bye Hong Kong!

Dreamland Traveller


Day 6 : Bye Bye Hong Kong!
            Dreamland pun bersiap-siap untuk pulang kembali ke Bandung via Kuala Lumpur dengan pergi ke Hongkong International Airport di Lantau Island. Dreamland pun segera check-out dari hotel sambil diusir-usir oleh petugasnya tante tua yang mengerikan. Dreamland pun segera menuju ke MTR Jordan. Awalnya Dreamland ingin naik Airport Express langsung menuju airport, namun melihat ongkosnya 100 HKD, rasanya sangat sayang sekali ya. Langsung Dreamland bertanya apakah ada bus yang menuju ke airport dari sini.














            Nah di MTR Jordan ini, Dreamland bertemu TKW Indonesia yang fasih berbahasa Kanton. Dengan bantuan dia, Dreamland pun akhirnya menemukan bahwa ada bus dari sini yang menuju ke airport dengan harga 33 HKD. Sangat ekonomis. TKW yang baik hati ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Dreamland pun akhirnya batal naik MTR dan langsung keluar via exit C menuju ke halte bus 21A.














           Setelah menunggu 20 menit, Dreamland pun mendapatkan bus yang akan membawa Dreamland ke airport ini. Perjalanan selama 40 menit ke airport pun tak terasa dengan pemandangan yang indah melintasi keramaian Hong Kong di pagi hari. Singkat kata, Dreamland tiba di Terminal 2 Hong Kong International Airport. Bandara Hong Kong ini masih kalah jauh dibandingkan Suvarnabhumi Airport Bangkok dan Changi Airport Singapore yang jauh lebih bagus. Fasilitas Hong Kong International Airport hanya menang di iMAX. Sayangnya fasilitas ini ternyata tidak gratis dan harus bayar sekian ratus HKD. Hiks…














            Dreamland melakukan check-in bagasi di konter AirAsia, kemudian berjalan ke Terminal 1 untuk melakukan antrian imigrasi yang sangat panjang. Hati-hati untuk tidak datang mepet ke bandara karena bandaranya sangat luas dan agak membingungkan. Dreamland pun segera menuju ke gerbang masuk pesawat setelah turun eskalator dan naik bus antar gedung bandara, hingga sampai di pintu nomor 504.














            Akhirnya Dreamland masuk pesawat mepet pukul 11.25, sementara jam berangkat 11.45 akibat antrian imigrasi yang panjang dan melelahkan, serta bangunan yang sangat kompleks. Dreamland pun menempuh perjalanan selama 3 jam 30 menit menuju Kuala Lumpur. Sesampainya di Kuala Lumpur, Dreamland makan dulu di Taste of Asia, kemudian masuk kembali ke pintu keberangkatan untuk pesawat ke Bandung. Pesawat ke Bandung ini delay lama sekali akibat lalu lintas bandara LCCT yang padat. Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam 10 menit, akhirnya Dreamland sampai di Husein Sastranegara International Airport.















            Seperti biasa, Dreamland menjalani cap imigrasi, menunggu bagasi, dan akhirnya keluar dari bandara. Senang sekali rasanya menjelajahi Hong Kong, Shenzhen, dan Macau dalam waktu singkat untuk merasakan atmosfer yang berbeda dibandingkan di Indonesia yang hangat dan ramah!

Hong Kong, Kuala Lumpur, Bandung, 4 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Hong Kong menggunakan mata uang Hong Kong Dollar (HKD) sebagai mata uang yang sah.
- Kurs 1 HKD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 1.300 IDR.
- Turis Indonesia tidak memerlukan visa khusus untuk mengakses Hong Kong.
- Tempat wisata menarik yang ada di Hong Kong, antara lain Avenue of Stars, Victoria Peak, Repulse Bay, Ngong Ping 360, Ladies’s Market, dan masih banyak lainnya.
- Warga Hong Kong dapat dikatakan sangat amat tidak ramah terhadap turis karena suka sekali mengusir turis jika harga yang mereka tetapkan tidak cocok. Demikian juga terjadi di hotel, pelayanannya sangat amat galak dan buruk.
- Transportasi di Hong Kong sangat mudah dengan menggunakan MTR, bus, tram, dan taksi. Khusus untuk taksi, terdapat warna taksi yang berlainan yang melayani wilayah yang berbeda-beda.
- Transaksi di Hong Kong sangat mudah menggunakan Octopus Card, baik untuk MTR maupun untuk berbelanja.
- Kita dapat pergi ke Shenzhen maupun Macau dengan mudah dengan MTR maupun ferry.
- Kawasan paling hidup di Hong Kong adalah di wilayah Mongkok dan Tsim Tsa Tsui.
- Pastikan untuk menjaga barang bawaan di keramaian karena sangat banyak copet yang berkeliaran.
- Hong Kong mempunyai standar kehidupan yang lebih tinggi dibandingkan Singapore terlihat dari biaya makan, hotel, dan transportasi yang mahal.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.