Saturday, October 5, 2013

Hangatnya TKI di Luar Negeri

Dreamland Traveller Moment


Hangatnya TKI di Luar Negeri
            Tanah airku tidak ku lupakan / Kan terkenang selama hidupku / Biarpun saya pergi jauh / Tidak kan hilang dari kalbu / Tanah ku yang ku cintai / Engkau ku hargai” 
            Lirik lagu “Tanah Airku” yang diciptakan Ibu Sud ini sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana TKI di luar negeri merindukan kampung halaman mereka. Mereka sangat suka sekali mengikuti perkembangan musik, berita, dan artis Indonesia, meskipun mereka berada nun jauh dari Bumi Pertiwi. Tak hanya itu, mereka sangat rindu mendengarkan apapun yang bernuansa Indonesia untuk membayar kerinduan pada tanah air.
            Hal ini Dreamland alami dalam berbagai trip yang Dreamland lakukan selama ini. Tatkala Dreamland berada di Kuala Lumpur, Dreamland makan di salah satu rumah makan Melayu yang ada di Chow Kit. Tatkala Dreamland hendak membayar, kebetulan petugas yang melayani Dreamland adalah TKI asal Jawa Tengah yang sudah 6 tahun bekerja di sana. Dengan lauk yang cukup banyak dan nasi yang melimpah, Dreamland membayar lebih murah dari yang seharusnya dibayar alias diberi diskon khusus. Hehehe…
            Sama halnya dengan di Penang. Tatkala Dreamland makan di salah satu restoran Melayu yang ada, Dreamland pun mendapatkan perlakuan istimewa dari TKI asal Medan yang bekerja di sana. Petugas itu memberikan air putih cuma-cuma buat Dreamland. Tidak ketinggalan ada obrolan singkat untuk menanyakan berapa lama TKI itu bekerja di Malaysia dan rata-rata dari mereka betah dan tidak ingin kembali di Indonesia karena mereka mendapat upah yang layak untuk penghidupan mereka sehari-hari.
            Terakhir, tatkala Dreamland hendak pulang ke airport setelah berwisata di Hong Kong, Dreamland bertemu seorang TKW di MTR Jordan. Awalnya Dreamland ingin langsung naik Airport Express ke bandara yang lebih cepat dan mudah. Namun karena ongkosnya yang mahal, yakni 100 HKD, Dreamland mengurungkan niat tersebut dan mencoba bertanya apakah ada bus yang pergi ke airport atau tidak.
            Dreamland sempat kebingungan karena sangat minim sekali orang Hong Kong yang bisa berbahasa Inggris dengan baik. Rata-rata mereka berbicara dengan bahasa Kanton. Alhasil tatkala Dreamland sudah putus asa, Dreamland bertanya pada TKW yang sedang menunggu temannya di MTR Jordan. “Ibu dari Indonesia ya?” tanya Dreamland. “Ya, kenapa?” balasnya. “Bisa minta tolong Bu ditanyakan kalau ke airport naik bus dari sini di mana haltenya?” tanya Dreamland lagi.
            Tanpa babibu lagi, TKW ini langsung berjalan menuju petugas MTR dan bertanya dalam bahasa Kanton yang Dreamland tidak mengerti. Setelah bercakap-cakap, akhirnya Dreamland pun diberitahu untuk naik bus 21A via exit C. Dreamland pun sangat berterima kasih karena mendapat bantuan dari TKW di Hong Kong. “Di sini memang susah berbicara kalau tidak bisa bahasa Kanton.” kata TKW itu berpesan pada Dreamland.
            Dreamland pun segera menuju halte bus dan mengucapkan terima kasih atas bantuan TKW tersebut yang mampu membuat Dreamland menghemat pengeluaran yang cukup besar. TKI di luar negeri boleh Dreamland katakan sangat ramah dan hangat menyambut sesama orang Indonesia karena mereka menganggap kita masih saudara. Maka dari itu, tatkala kita tersesat dan tak tahu arah di luar negeri, jangan ragu untuk meminta tolong pada TKI yang ada karena mereka akan dengan senang hati menolong kita! Percayalah.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.