Monday, October 28, 2013

Makan “Hati” di Penang

Dreamland Traveller Moment


Makan “Hati” di Penang
            Jebakan itu selalu ada bagi mereka yang tidak berhati-hati saat berwisata di suatu tempat. Hal itulah yang perlu diperhatikan oleh setiap wisatawan agar tidak terjebak saat berada di luar negeri. Hal ini Dreamland alami saat berwisata ke Penang dalam rangkaian acara Ipoh Trip. Waktu itu, Dreamland baru saja turun di Komtar setelah naik bus dari Terminal Sungai Nibong. Berhubung perut yang sudah lapar dan anggota keluarga menyuruh Dreamland mencari tempat makan akhirnya Dreamland pun singgah di sebuah restoran Chinese yang ada.
            Anggota keluarga Dreamland yang satu ini belum pernah ke Penang dan langsung memesan menu makanan tanpa menanyakan harganya terlebih dahulu. “Ah paling cuma RM 5.” katanya santai. Makanan pun datang dan kami menyantap dengan lahapnya. Restoran ini juga mengharuskan Dreamland membeli minimal 1 minuman. Ya sudah Dreamland membeli air limau 2 gelas. 
            Nah saat hendak membayar inilah kejutan terjadi. “Semuanya jadi RM 27.” kata penjual itu santai. Whats! Makanan kayak begini doang RM 27! Makanannya cuma ayam dengan kuah doang lho padahal. Rasanya juga biasa-biasa saja. Akibat anggota keluarga Dreamland yang tidak tahu kebiasaan orang Penang yang tidak pernah mencantumkan harga membuat pengeluaran makan pada hari itu naik drastis. Selain itu, air limaunya juga benar-benar tidak enak dan harganya 2,5 RM per gelas! Benar-benar pemerasan.
            Memang Dreamland setuju kalau kuliner Penang enak. Tapi perhatikan juga bahwa tidak semua restoran di Penang enak dan murah. Kita perlu benar-benar jeli untuk makan di Penang karena rata-rata tempat makan tidak mencantumkan harga makanan secara jelas. Jika perlu kita harus bertanya terlebih dahulu berapa harga menu A, B, dan C agar tidak ditipu saat makan di Penang.
            Sedihnya tertipu saat makan siang di Penang.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.