Wednesday, October 9, 2013

Walk Till You Drop

Dreamland Traveller Moment


Walk Till You Drop
            Tatkala Dreamland berada dalam rangkaian Ipoh Trip beberapa waktu yang lalu, Dreamland mendapatkan pengalaman yang sukses membuat Dreamland kapok untuk pergi lagi ke Ipoh untuk kedua kalinya. Pengelolaan pariwisata yang buruk, serta tempat wisata yang sulit diakses oleh wisatawan mandiri membuat Dreamland kesusahan dalam menjelajahi Ipoh secara menyeluruh. Mungkin hal ini juga yang membuat Ipoh jarang dikunjungi wisatawan, kecuali wisatawan domestik Malaysia saja karena sulitnya moda transportasi selain kendaraan pribadi.
            Waktu Dreamland memutuskan untuk pergi ke Gua Tempurung, Dreamland berpikir semuanya akan berjalan dengan lancar karena dari pengalaman-pengalaman Dreamland sebelumnya berwisata di Malaysia, bus diatur agar melalui lokasi wisata yang bisa dikunjungi turis. Memang bus jurusan Kampar 66 ini melalui Gua Tempurung, tapi untuk ke dalamnya Dreamland harus menempuh jarak 2 km dan tidak ada satupun kendaraan umum yang Dreamland bisa tumpangi di sana!
            Alhasil berhubung sudah kepalang tanggung tiba di pintu masuk luar Gua Tempurung, Dreamland pun memulai perjalanan panjang berjalan kaki sejauh 2 km. Mungkin ada yang bilang 2 km itu kecil cuma dua kali putaran lapangan Tegal Lega. Bayangkan kalau jalanan yang menjadi medan pertempuran itu begitu gersang dan panas di siang hari yang begitu terik. Rasa capek, lelah, dan penat pun bercampur aduk menjadi satu. Tiba di Gua Tempurung, kaki Dreamland rasanya sudah mau copot.
            Begitu masuk Gua Tempurung, ternyata guanya begitu-begitu saja. Berhubung Dreamland sudah melihat yang lebih spektakuler di Changsha, yaitu Gua Naga Kuning dengan pencahayaan dan gua yang lebih oke, Dreamland jadi tidak begitu tertarik dengan gua yang satu ini. Pulangnya Dreamland berusaha mendapatkan tumpangan dari bus pariwisata yang ada untuk menyelamatkan kaki dari perjalanan pulang 2 km lagi di siang bolong. Semua beralasan blablabla yang intinya Dreamland tidak bisa ikut. Sial!
            Akhirnya Dreamland pun berjalan kaki lagi menuju jalan awal dengan tertatih-tatih karena kaki yang sudah super pegal. Singkat kata, sesampainya di pintu awal, Dreamland harus mencari bus kembali ke Medan Kidd dan bus itu harus Dreamland tunggu selama 40 menit! Sudah capek, pegal, eh bus pun susah didapat. Malangnya Dreamland berwisata di Ipoh ini! Benar-benar parah frekuensi bus yang ada di Ipoh ini sampai-sampai Dreamland harus menunggu sampai tua di sini.
            Demikian pula saat Dreamland berkunjung ke Gua Kek Lok Tong. Dreamland berhenti di halte bus Kuil Sam Poh Tong yang katanya dekat dengan gua ini. Dreamland pun berjalan dan berharap dapat mencapai destinasi yang satu ini sebelum pulang kembali ke Indonesia. Eh ternyata dugaan Dreamland salah. Dreamland harus berjalan di kawasan pemukiman penduduk yang sepi kendaraan umum, bahkan taksi pun langka di sini.
            Lagi-lagi kaki Dreamland disiksa habis-habisan untuk berjalan sangat jauh mencapai Gua Kek Lok Tong. Dreamland bertanya pada warga sekitar apakah masih jauh atau sudah dekat Gua Kek Lok Tong ini. “Tinggal 300 meter lagi.” kata salah seorang warga Malaysia pada Dreamland. Boro-boro 300 meter, ini sih 1 km juga tidak sampai-sampai. Akhirnya karena stres sudah berjalan cukup jauh dan tidak menemukan tanda-tanda Gua Kek Lok Tong ini berada, Dreamland pun pulang kembali dengan kaki yang sudah sangat amat pegal.
            Sungguh amat parah transportasi di Ipoh ini karena bisa mempublikasikan tempat wisata yang harus dikunjungi, namun busnya tidak ada yang beroperasi ke tempat tersebut. Untung Dreamland membatalkan niat ke Gua Kek Lok Tong karena setelah Dreamland bertanya di pom bensin, ternyata pintu masuk gua ini memang dekat, namun untuk masuk ke dalamnya harus menempuh jarak 3 km! Bisa mampus kaki Dreamland kalau begitu.
            Kalau sudah begini, wisata di Ipoh harusnya punya slogan “Walk Till You Drop” buat para wisatawan mandiri!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.