Tuesday, October 29, 2013

Terjebak Parade Kemerdekaan Malaysia

Dreamland Traveller Moment


Terjebak Parade Kemerdekaan Malaysia
            Sebagai seorang traveler, beruntung rasanya jika kita bisa menyaksikan perayaan hari besar suatu negara saat kita sedang berwisata. Selain mendapatkan tontonan spektakuler gratis, kita juga bisa mempelajari dan mengenal budaya dari masing-masing negara lewat pertunjukan yang mereka sajikan. Hal ini Dreamland dapatkan tatkala berada di penghujung Ipoh Trip beberapa waktu yang lalu.
            Waktu Dreamland keluar dari Tune Hotels.com untuk berangkat ke Gua Kek Lok Tong, awalnya Dreamland senang karena jalanan begitu lenggang dan sepi saat menuju ke Medan Kidd. Begitu memasuki alun-alun kota Ipoh, Dreamland terkejut melihat begitu banyak kendaraan polisi, tentara, dan bus mengantri dengan padat di jalan. Dreamland kira ada kejadian yang tidak diinginkan nih. 
            Selain itu, banyak sekali polisi dan tentara yang berada di sepanjang kawasan ini. Dreamland melihat motor-motor polisi diparkir berjejer, kemudian ada parade keliling anak-anak sekolah sambil memainkan alat musik. Pokoknya suasana alun-alun Ipoh begitu meriah dengan adanya acara ini. Setelah Dreamland bertanya ke salah satu orang yang ada di sana ternyata Dreamland baru tahu kalau hari ini digelar gladi kotor untuk perayaan HUT Kemerdekaan Malaysia ke-46.
            Ratusan pelajar sekolah berbaris rapi layaknya petugas upacara, kemudian ratusan anak lainnya memainkan drum dan terompet. Suasana kota tua Ipoh yang semula sepi menjadi ramai dengan adanya atraksi ini. Perjalanan menuju Medan Kidd pun diwarnai dengan pemandangan yang seru dan menyenangkan, meskipun Dreamland harus menembus keramaian penjagaan tentara dan polisi saat acara berlangsung.
            Ternyata parade kemerdekaan Malaysia ini berdampak pada jalur transportasi di Ipoh. Bus memang bisa berangkat dari Medan Kidd, namun kita harus menunggu antrian yang panjang karena sebagian besar jalan utama di Ipoh ditutup untuk kepentingan parade ini. Tak hanya itu, kemacetan juga menjadi makanan Dreamland saat pergi ke Gua Kek Lok Tong, padahal tidak ada sejarah macet di Ipoh selama ini karena kotanya sendiri sangat sepi. Alhasil perjalanan yang seyogianya memakan waktu 30 menit, kini molor menjadi 1 jam.
            Meskipun acara Dreamland menjadi tidak lancar, terjebak dalam parade kemerdekaan di negara tetangga ini tentu menjadi momen yang tidak terlupakan karena Dreamland bisa melihat adanya kesamaan acara antara penyelenggaraan kemerdekaan di Indonesia dan Malaysia. Semoga Dreamland bisa terjebak dalam perayaan hari-hari besar lainnya tatkala sedang berwisata di suatu negara agar bisa mengetahui keunikan dari perayaan setiap negara!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.