Sunday, October 6, 2013

Nyamannya Mudik di Malaysia

Dreamland Traveller Moment


Nyamannya Mudik di Malaysia
            Lancar atau tidaknya mobilitas dan kegiatan ekonomi suatu negara ditentukan oleh penyediaan infrastruktur yang baik oleh negara. Tak heran rasanya jika negara maju selalu memiliki fasilitas umum yang mumpuni, seperti jalan raya, angkutan umum, terminal bus, dan lain sebagainya karena menyadari infrastruktur mempunyai andil yang besar dalam pergerakan roda ekonomi negara. 
            Tatkala Dreamland melakukan perjalanan ke Ipoh dari LCCT dalam rangkaian Ipoh Trip beberapa waktu yang lalu, Dreamland melihat sepanjang perjalanan terasa begitu lancar tanpa adanya hambatan yang berarti. Jalan tol di Malaysia menghubungkan akses ke kota-kota besar di seluruh wilayah Malaysia dengan cepat dan mudah lewat jalan bebas hambatan yang benar-benar bebas dari gangguan. 
            Sepanjang perjalanan, pemandangan yang akan kita temukan adalah pegunungan, bukit, dan perkebunan sawit yang rimbun. Satu hal yang Dreamland salut adalah perjalanan selama 3 jam 30 menit pun terasa tak lama berkat jalanan yang lancar. Tatkala kita sudah memasuki Ipoh, bus keluar dari jalan bebas hambatan dan menuju terminal bus dengan fasilitas yang oke. Jika diteruskan, jalan tol itu akan menuju Pulau Pinang, Alor Setar, dan lain sebagainya.
            Perjalanan ini juga menjadi menyenangkan karena bangku yang disediakan pihak bus disesuaikan dengan jarak dan durasi tempuh. Bangku yang Dreamland duduki saat pergi ke Ipoh memiliki jarak kaki yang luas dan bangkunya bisa direbahkan untuk tiduran, sehingga badan tidak terasa pegal. Selain itu, penataan bangkunya benar-benar didasarkan nomor tempat duduk, sehingga kita tidak berebutan mendapat tempat duduk. Tak heran rasanya jika Dreamland betah naik bus antarkota di Malaysia ini.
            Melihat hal ini tentu Indonesia patut berkaca dan berbenah agar penyediaan infrastruktur negara dapat dilakukan secara maksimal. Jika selama ini berita yang menghiasi media massa tatkala mudik Lebaran adalah kecelakaan, korban tewas, kemacetan parah, dan berita memilukan lainnya, maka pemerintah harus menjadikan tersebut PR yang bersifat penting dan mendesak. Seandainya saja pemerintah Indonesia menyediakan sebuah jalan tol di sepanjang Pulau Jawa dengan aman dan nyaman layaknya di Malaysia, perjalanan mudik tentu akan terasa menyenangkan bagi siapa saja.
            Kita tak perlu lagi spot jantung saat berada di tanjakan Nagrek yang curam, terancam kecelakaan saat berada di tikungan, serta bersahabat dengan macet terus menerus dengan adanya jalan bebas hambatan antarkota di Indonesia. Perjalanan pun menjadi mudah, mobilitas cepat, dan yang terpenting rakyat merasa pemerintah sudah bekerja dengan baik.
            Rasanya tidak sulit mewujudkan itu semua karena sadar atau tidak sadar pembuat jalan bebas hambatan di Malaysia itu adalah sebagian besar Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengadu nasib di sana. Indonesia yang mengekspor TKI ke sana tentu mampu menyediakan jalan yang lebih baik dari Malaysia logikanya. Semoga saja kita mempunyai jalan bebas hambatan antarkota agar perjalanan bisnis, mudik, dan wisata kita di Indonesia berjalan dengan lancar dan mudah tanpa adanya hambatan yang berarti.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.