Wednesday, December 11, 2013

Perkenalan Budaya Korea di Bandara

Dreamland Traveller Moment


Perkenalan Budaya Korea di Bandara
            Bandara adalah pintu gerbang bagi turis asing untuk memasuki suatu negara. Tak heran rasanya jika kesan pertama seorang turis di suatu negara akan muncul setelah melihat bandara negara tersebut. Hal ini rupanya dimanfaatkan pemerintah Korea untuk mengenalkan budaya mereka secara singkat dan langsung dengan membuka konter Korea Traditional Cultural Experience Centre di Incheon International Airport. 
            Konter ini akan terlihat setelah kita melalui imigrasi dan pemeriksaan barang bawaan. Sangat unik memang, konter ini memberikan fasilitas gratis bagi kita untuk membuat kerajinan khas Korea yang bisa kita bawa pulang. Saat itu Dreamland membuat mangkok dengan tempelan-tempelan kertas yang dilem dengan lem yang terbuat dari rumput laut. Kita bisa membuat kerajinan ini di meja yang telah disediakan dengan bantuan dari petugas yang ada.
            Setelah itu, konter Korea Traditional Cultural Experience Centre ini juga menyuguhkan atraksi menarik, yakni pawai pakaian tradisional dan kerajaan Korea di sepanjang bandara Incheon. Sambil menunggu penerbangan selanjutnya, kita bisa berfoto dengan orang Korea yang berkostum tradisional. Benar-benar sangat menarik dan memikat perhatian turis asing yang ada. Aktivitas kesenian yang ditawarkan di konter ini pun beragam dan diganti setiap bulannya. 
            Melihat promosi pariwisata yang dilakukan secara gencar oleh pemerintah Korea, sedih rasanya jika kita melihat pemerintah Indonesia yang tidak peduli dengan potensi pariwisata kita. Justru yang ada adalah toko Lotte Duty Free yang baru dibuka di bandara Soekarno-Hatta. Coba saja kalau pemerintah Indonesia mau membuka konter serupa di bandara internasionalnya, pasti banyak turis asing yang tertarik untuk lebih mengenal dan memahami budaya Indonesia.
            Budaya Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke ini pasti memiliki nilai jual tersendiri jika bisa dikemas secara menarik dan atraktif. Promosi budaya ini dilakukan bukan karena kurang kerjaan, melainkan turis asing bisa jadi tertarik untuk datang ke tempat asal kebudayaan tersebut di Indonesia. Semoga saja kelak mata pemerintah kita terbuka untuk melihat bahwa pariwisata kita ini patut dipromosikan lewat pendekatan budaya yang ada di bandara.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.