Sunday, December 1, 2013

Muka Jutek, Hati Suka Menolong

Dreamland Traveller Moment


Muka Jutek, Hati Suka Menolong
            Sebagai seorang traveler yang sedang berjalan-jalan di suatu negara pasti kita pernah mengalami kesulitan yang membuat kita kebingungan dalam menentukan pilihan yang harus diambil. Dreamland pun pernah mengalami kesulitan tatkala laju subway ditutup akibat jam operasional yang sudah larut malam, yakni jam 12 malam. Saat itu, Dreamland bingung apakah akan naik taksi atau bus untuk menuju hotel. Apalagi hawa Korea sudah semakin dingin saat itu.
            Dreamland pun bertanya ke sana kemari tentang informasi bus. Ada yang tidak bisa berbahasa Inggris dan menolak ditanyai, ada yang kebingungan. Tatkala Dreamland mulai putus asa, tiba-tiba ada seorang pemuda Korea yang menghampiri Dreamland dan bisa berbahasa Inggris dengan lumayan lancar. Dreamland bertanya bus mana yang harus diambil untuk pergi ke hotel yang dekat daerah Hongik University dari sini.
            Dia pun melihatkan peta yang ada dan memberitahu bus nomor sekian yang dapat diambil. Dreamland pun mengucapkan terima kasih dan menunggu di halte yang telah ditentukan. Setelah Dreamland menunggu, Dreamland melihat ada tulisan yang aneh di layar. Dreamland pun bertanya pada orang yang lewat apa itu. Ternyata bus menuju ke Hongik University sudah tidak beroperasi lagi. Hiks… Tapi dia menyarankan untuk naik taksi dan menunjukkan jaraknya dari sini adalah 10 km untuk menghindari penipuan supir taksi.
            Akhirnya Dreamland pun bisa pulang dengan taksi dengan aman dan selamat berkat tips dari orang Korea tersebut. Bukan hanya malam itu saja, bantuan orang Korea juga Dreamland dapatkan tatkala bertanya tentang subway. Meskipun mereka awalnya bermuka jutek, mereka langsung mengeluarkan Samsung mereka dan membuka file peta subway Seoul. Mereka menunjukkan di mana kita harus berhenti dengan ramah. Pokoknya sangat menyenangkan bertanya dengan mereka.
            Coba saja bandingkan dengan orang-orang kita yang ada di bandara Soekarno-Hatta. Mereka terlihat ramah, tapi menjebak turis asing yang datang. Uang turis diperas dan membuat banyak orang asing kapok datang ke Indonesia. Apalagi kalau berurusan dengan taksi gelap, wah bisa-bisa TKI kita sendiri saja dirampok, diperkosa, dan diperas sama orang-orang kita sendiri. Tentu lebih baik kita menjadi orang yang menolong dengan tulus karena kebaikan itu tidak akan kadaluarsa, melainkan akan kita dapatkan kembali di masa mendatang dengan cara yang tidak terduga!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.