Wednesday, September 2, 2015

Tips ‘n Trick Wisata di Surat Thani dan Koh Samui

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Surat Thani dan Koh Samui
            Sebagai provinsi yang menyimpan begitu banyak wisata alam memukau, Surat Thani memang tidak sepopuler Phuket dan Krabi yang sangat dipenuhi turis. Provinsi yang mempunyai ikon wisata ternama Koh Samui ini menyuguhkan pengalaman wisata alam berbeda dari nuansa Thailand pada umumnya. Kita bisa merasakan nuansa Thai yang lebih kental karena perpaduan wisatawan lokal dan asing yang berimbang, serta keramahan orang lokal yang alami.
            Nah supaya wisata Anda di Surat Thani dapat berjalan dengan lancar dan hemat tentunya, Dreamland akan memberikan tips dan trik seru supaya Anda bisa berwisata dengan puas dan maksimal selama berada di Surat Thani maupun Koh Samui.
1. Lakukan riset secara mendalam tentang transportasi dari dan ke Koh Samui – Koh Phangan – Koh Tao sebelum tiba di Surat Thani. Banyaknya operator dan kualitas yang ditawarkan akan membingungkan kita saat harus mengambil pilihan. Jika Anda menginginkan harga yang murah dan kualitas yang biasa pilihlah Songserm. Jika Anda menginginkan harga yang sedang dan kualitas yang lumayan pilihlah Seatran atau Raja. Jika Anda ingin cepat dan kualitas oke pilihlah Lomprayah. Kisaran harga antara 300 – 650 THB per sekali jalan tergantung operator yang diambil.

2. Surat Thani dikenal sebagai tempat transit menuju Koh Samui. Tidak banyak hal yang bisa dilihat di kota Surat Thani selain ikon kota City Shrine dan banyak kuil kecil yang bertebaran di kota. Ada pasar malam, pasar pagi, dan juga mal kecil yang bisa dikunjungi selagi berada di Surat Thani. Pastikan memilih hotel di lokasi yang tepat karena transportasi di kota hanya dapat dilakukan dengan songtheaw seharga 20 THB rata-rata untuk jarak dekat.
3. Koh Samui mempunyai banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi, seperti The Mummified Monk, Namuang Waterfall, Chaweng View Point, Big Buddha, dan lain sebagainya. Jika Anda mempunyai banyak waktu, bisa menyewa sepeda motor seharga 150 THB per hari (tidak termasuk bensin), mobil, atau menggunakan jasa tur. Pilihlah yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda. Saat Dreamland berwisata, matahari bersinar sangat terik, sehingga naik motor bukanlah transportasi yang direkomendasikan.

4. Wisata menarik yang bisa dilakukan lainnya di Surat Thani adalah Koh Phangan yang terkenal dengan pesta malamnya (Full Moon Party) dan Koh Tao yang kecil dan menawan. Bisa juga mengambil paket tur ke Angthong National Marine Park yang sangat indah dan menarik jika mempunyai banyak waktu di Koh Samui.
5. Pastikan untuk menawar harga saat memesan paket tur apapun di Thailand. Umumnya penjual menetapkan harga tinggi agar mendapat keuntungan yang besar. Rumus paling tepat untuk menawar adalah 30 – 50% dari harga awal yang ditawarkan agar mendapat harga yang cukup baik.

6. Makanan halal tidak menjadi masalah selama berada di Koh Samui maupun Surat Thani karena banyak restoran yang mencantumkan logo halal. Jika khawatir tidak bisa makan, bawalah mie instan, abon, dan keripik agar bisa dimakan dengan nasi putih yang mudah ditemukan.
7. Bawa payung, krim tabir surya, dan pakaian tipis karena matahari di Koh Samui sangat amat panas dan menguras keringat yang sangat banyak. Jangan lupa minum banyak air putih agar terhindar dari dehidrasi parah akibat cuaca yang sangat panas, yakni mencapai 35 derajat Celcius.
            Semoga tips yang Dreamland berikan bisa menambah keseruan wisata Anda selama berada di Surat Thani dan Koh Samui. Selamat berpetualang di Surat Thani dan Koh Samui!

Surat Thani Trip, 11 – 13 Agustus 2015

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.