Thursday, September 17, 2015

Tips ‘n Trick Wisata di Vietnam

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Vietnam
            Sebagai negara yang dikenal memiliki kurs mata uang yang lebih rendah dibandingkan Indonesia, Vietnam memang menjadi magnet pariwisata baru di kawasan Asia Tenggara karena harga wisatanya yang relatif murah, serta bersahabat dengan backpacker berbujet terbatas. Negara yang mulai disamaratakan potensi wisatanya dengan Thailand ini mempunyai pesona alam dan kebudayaan yang luar biasa, mulai dari Saigon hingga Sapa. Hanya saja, Vietnam juga terkenal sebagai negara scam dan menuntut kehati-hatian kita dalam mengambil sebuah tindakan saat berwisata di Vietnam.
            Nah supaya wisata Anda selama berada di Vietnam dapat berjalan dengan lancar, aman, juga hemat di kantong, Dreamland akan membagikan beberapa tips dan trik seru yang bisa diikuti supaya wisata Anda dapat dinikmati secara maksimal tanpa perlu kecewa akibat banyaknya scam di Vietnam.

1. Vietnam dikenal sebagai negara 1.001 scam setelah Thailand. Maka dari itu, kehati-hatian dan kecermatan kita dalam menyikapi suatu kondisi menjadi sangat perlu untuk diperhatikan. Usahakan untuk selalu menyiapkan uang pas saat membayar sesuatu karena kebanyakan dari pedagang, tukang ojek, supir taksi, dan orang lainnya pura-pura tidak punya kembalian agar mendapat semua uang yang kita bayar. Biasakan untuk menawar harga seperempat hingga setengah dari harga awal yang ditawarkan karena Vietnam terkenal sangat suka memberi turis harga yang sangat mahal di semua sektor, baik dalam paket tur, makanan, buah-buahan, hingga oleh-oleh. Jangan percaya dengan harga lokal yang mereka katakan karena mereka memberikan kita harga pada umumnya 200% dari harga asli barang.
2. Bandingkan harga yang ada di satu travel agent dengan travel agent lainnya. Banyak turis yang akhirnya kecewa membayar lebih karena membayar setara dengan yang lebih rendah. Pastikan untuk mendapatkan informasi tentang fasilitas yang didapat saat tur dan tuliskan hal tersebut di kuitansi agar kita bisa menuntut jika ada ketidaksesuaian antara apa yang dijanjikan dengan apa yang didapatkan saat tur. Jangan terpengaruh dengan wanita cantik yang suaranya mendayu-dayu dan menggoda. Umumnya mereka menawarkan tur dengan harga mahal dan bisa jadi itu adalah strategi marketing untuk memeras turis dengan harga mahal.

3. Transportasi di seluruh Vietnam sangat mudah dan terkoneksi satu sama lain antarkota. Gunakan bus jika ingin mendapatkan harga yang lebih hemat untuk pergi antarkota atau kereta api dengan harga yang lebih mahal untuk mendapat sensasi tersendiri. Jangan gunakan taksi tak berlisensi dan selalu pilih yang terpercaya, seperti Mailinh atau Vinasun agar tidak diperdaya oleh argo kuda yang sangat cepat untuk transportasi dalam kota. Jika ingin praktis tanpa barang bawaan, xe om atau ojek bisa jadi pilihan yang lebih murah dan terjangkau untuk pergi ke suatu tempat.

4. Jangan mudah percaya pada orang Vietnam. Tanyakan suatu hal yang ingin kita ketahui pada 2 – 3 orang lain jika ingin mengetahui kebenarannya. Kebanyakan dari orang Vietnam suka berbohong dan memberi informasi yang keliru agar kita menggunakan jasa yang mereka tawarkan, terutama jika bertanya tentang arah jalan dan toko tertentu yang ingin kita ketahui.
5. Vietnam dikenal mempunyai beragam wisata yang menarik, baik dari segi alam maupun budaya. Jika Anda tertarik dengan wisata alam, maka Halong Bay dan Sapa adalah tempat yang cocok. Jika Anda tertarik dengan wisata budaya, maka Hoi An dan Hue adalah kota yang paling pas untuk Anda. Pilihlah airport kedatangan yang terdekat dengan wisata yang Anda gemari agar tidak perlu menempuh jarak jauh dari darat untuk mencapai tempat wisata yang Anda inginkan. Misal, pilih airport Danang untuk Hoi An dan Hue, serta airport Hanoi untuk Halong Bay dan Sapa.

6. Hampir setiap paket wisata di Vietnam tidak disertai dengan air minum. Lebih baik membawa air minum sendiri yang dibeli di kota daripada harus membayar mahal di tempat makan. Pastikan juga untuk bertanya setiap benda yang diberi di Vietnam karena bisa jadi benda tersebut harus dibayar belakangan dan kita jadi kecewa karenanya. Hal ini berlaku pada tur Halong Bay dan Sapa, demikian juga tur lainnya.

7. Beberapa museum dan tempat wisata di Vietnam memberikan diskon pada pelajar atau mahasiswa dengan tarif setengah harga. Tidak ada salahnya membawa KTM atau Kartu Pelajar untuk menghemat biaya tiket masuk, bukan?
8. Jika ingin menukar uang di Vietnam, tukarlah VND di bandara, money changer resmi, atau toko emas. Menukar uang di travel agent umumnya akan memberikan kurs dengan nilai terendah, terutama bagi turis asing.

9. Vietnam sangat gemar sekali membedakan harga antara orang lokal dan orang asing. Tawarlah harga terlebih dahulu untuk membeli SEMUA barang, kecuali di supermarket karena bisa jadi harga yang diberikan sudah dinaikkan setinggi langit.

10. Pilihlah hotel yang dekat dengan keramaian dan tempat wisata. Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk biaya transportasi yang penuh tipu-tipu di Vietnam. Upayakan untuk bisa menempuh perjalanan dengan jalan kaki agar Anda bisa menikmati nuansa Vietnam sesungguhnya.
            Demikian tips dan trik yang bisa Dreamland berikan. Semoga wisata Anda di Vietnam dapat berjalan dengan lancar tanpa perlu takut berbagai scam yang mungkin dihadapi. Selamat mengeksplorasi Vietnam!

Vietnam Trip, 14 – 23 Agustus 2015

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.