Friday, September 16, 2016

Day 7 : Incredible Taj Mahal and Agra Fort

Dreamland Traveller




Day 7 : Incredible Taj Mahal and Agra Fort


            Dreamland harus bangun sangat pagi untuk kunjungan ke Taj Mahal pagi ini. Mengingat kunjungan Taj Mahal akan dilakukan pada pukul 06.00, jadilah Dreamland hanya makan ala kadarnya dengan perbekalan yang dibawa dari Indonesia karena kelaparan. Supir Dreamland sudah menunggu di luar dan Dreamland pun melakukan proses check-out karena Dreamland akan pindah hotel ke hotel semula.

            Perjalanan menuju Taj Mahal ini memakan waktu 15 menit. Sesampainya di pintu Taj Mahal, Dreamland didrop diminta untuk bertemu di hotel M House setelah selesai mengeksplorasi. Dreamland pun berjalan kaki melewati trek yang ada hingga sampai di loket tiket Taj Mahal. Harga tiket masuk untuk orang asing adalah 1.000 INR, sementara untuk penduduk SAARC dan Thailand hanya dikenakan 530 INR saja!

            Setelah membayar tiket masuk, Dreamland mendapat alas kaki dan botol minum 500ml gratis. Hati-hati dengan guide yang mengatakan punya akses khusus untuk orang asing karena memang orang asing jalurnya beda dengan penduduk lokal yang mau masuk ke Taj Mahal. Antrian menuju Taj Mahal ini sudah sangat padat pagi hari ini. Wajar kalau bule yang ketipu pakai jasa guide karena ingin cepat, padahal Dreamland juga cepat tanpa guide. Tipuan guide ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.

            Setelah masuk dan dirobek tiketnya, rupanya penjagaan masuk Taj Mahal ini sangat amat ketat. Kita diminta lewat mesin detektor, dicek barang bawaan (Ingat! makanan tidak boleh dibawa masuk atau siap-siap dibuang), serta diraba-raba layaknya di airport saja. Penjagaan yang super ketat ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah itu, barulah Dreamland masuk ke area Taj Mahal bagian luar. Terdapat 3 gerbang untuk masuk Taj Mahal, yakni timur, barat, dan utara.

            Setelah itu, Dreamland langsung masuk melewati pagar batu merah raksasa dengan ukiran tulisan Arab dan saat memasuki lorong gelap menuju Taj Mahal. Alangkah takjubnya Dreamland melihat bangunan putih marmer yang menjulang di depan mata. Sungguh sangat indah dan memukau. Banyak sekali orang yang langsung mengabadikan momen di tempat ini. Apalagi refleksi danau memberikan nuansa bayangan Taj Mahal secara memukau.

            Sayangnya, beberapa tower di sekitar Taj Mahal sedang direparasi jadinya kurang begitu bagus karena tertutup jaring berwarna hijau. Hiks... Kompleks Taj Mahal sendiri tidak besar-besar amat, tetapi dikelilingi oleh taman yang rindang dan ada 2 mesjid besar yang mengapit Taj Mahal. Banyak sekali polisi India yang berjaga-jaga di sekeliling Taj Mahal dengan senjata lengkap. Padahal kan kita sudah diperiksa sangat ketat di pintu masuk.

            Sesudah itu, Dreamland harus memakai alas kaki pada sepatu saat memasuki pelataran Taj Mahal yang megah dan memukau. Setelah menaiki anak tangga yang pendek, Dreamland pun masuk di area marmer Taj Mahal yang luar biasa indah. Dreamland melihat pintu masuk Taj Mahal terukir berbagai ayat Islam dalam bahasa Arab. Begitu masuk ke dalam, kita tidak boleh mengambil foto makam yang ada di area kuburan utama karena banyak penjaga di sana, meskipun tidak sebanyak di City Palace, Jaipur. Dreamland melihat ada orang Malaysia yang dicek kamera GoPronya karena dibawa masuk ke dalam secara aktif.

            Dreamland pun mengelilingi makam utama Taj Mahal yang berisi 2 makam dengan pagar marmer, kemudian menuju keempat sisi sudut Taj Mahal yang biasa-biasa saja sebelum akhirnya keluar di pintu lain. Sungguh sangat indah berbagai ukiran dan marmer yang ada di Taj Mahal ini. Dreamland merasa sangat senang bisa menginjakkan kaki di salah satu keajaiban dunia ini. Setelah itu, Dreamland duduk-duduk sejenak di marmer yang sejuk sebelum akhirnya melihat kedua mesjid di sisi kanan dan kiri Taj Mahal.

            Setelah puas, Dreamland berjalan keluar dengan melihat museum yang berisi penjelasan tentang bahan baku untuk membangun Taj Mahal dan cerita ukiran yang ada didalamnya. Selanjutnya Dreamland kembali ke tempat masuk semula. Nah di sinilah petaka dimulai. Berhubung Dreamland penasaran dengan jalan lain yang tadi dilihat saat berjalan ke Taj Mahal. Dreamland pun berjalan ke pintu lain. Eh kok malah makin jauh dan tidak sampai-sampai.

            Dreamland pun berjalan mengelilingi bagian luar Taj Mahal selama hampir 1,5 jam, barulah menemukan jalan semula dan bertemu supir yang menanyakan kok lama banget. Bayangkan Dreamland nyasar sampai pukul 11.00! Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Sesudah capek dan gempor akibat salah jalan, Dreamland melihat ada kampanye politik yang bikin macet, kemudian Dreamland pun pergi ke hotel kemarin untuk sarapan pagi.

            Dreamland sarapan dengan menu American Breakfast, kemudian beristirahat di kamar yang rupanya jauh lebih jelek dibandingkan kamar sebelumnya. Untung saja Dreamland merasakan tinggal di kamar yang bagus, pikir Dreamland. Dreamland pun tidur dengan sangat pulas hingga pukul 01.00 dan mulai melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, yakni Agra Fort.

            Saat Dreamland melihat jalan yang sama dilewati, rupanya Dreamland sudah berjalan mendekati Agra Fort saat salah jalan tadi! Wow rekor berjalan kaki yang sangat fantastis. Dreamland pun lagi-lagi didrop di depan pintu masuk Agra Fort dan ditentukan kapan akan dijemput kembali. Satu hal yang aneh adalah mengapa supir Dreamland tidak mau parkir di tempat yang ditentukan ya. Apa uang parkir juga ditelan. Lama-lama kan pikiran negatif semacam itu jadi muncul.

            Tiket masuk Agra Fort 500 INR dan sangat berbeda jauh dengan tiket masuk orang lokal yang hanya 30 INR! Mahal dan drastisnya perbedaan tiket masuk antara orang lokal dan asing ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Boleh dikatakan Agra Fort ini sangat luas dan bagus untuk dikunjungi karena mempunyai pemandangan yang bagus, bangunan yang masih terawat dengan baik, serta sudut-sudut yang fotogenik.

            Dreamland sendiri berkeliling dan lagi-lagi diajak berfoto bersama oleh orang India. Jika di Indonesia, masyarakat kita sangat tergila-gila dengan bule, mungkin orang India lebih tergila-gila dengan orang yang mirip China, Korea, atau Jepang. Dreamland pun jadi bertanya-tanya karena tidak ada satupun bule yang diminta berfoto bersama oleh orang India sepanjang perjalanan.

            Setelah melihat berbagai sudut Agra Fort yang memukau, minum di pengisian air yang tersedia, dan bersantai sejenak, Dreamland pun kembali ke tempat awal untuk dijemput. Mengingat jalan yang ramai, Dreamland harus buru-buru masuk ke mobil yang sudah berkeliling 2 kali di jalan yang sama. Salah sendiri kenapa tidak parkir di tempat yang ditentukan! Ada bus turis China Daratan yang sedang stand by saat Dreamland keluar dari Agra Fort.

            Sehabis wisata di Agra Fort, Dreamland pun diantar lagi ke hotel. Dreamland menghabiskan sisa hari dengan berjalan di sekeliling kota Agra yang boleh dikatakan sangat tidak menarik layaknya Jaipur. Kota ini sangat kecil dan banyak didominasi oleh toko pemerintah yang harganya selangit. Dreamland sendiri makan di sebuah restoran India yang terjangkau. Harga nasi goreng hanya 1/3 dari harga nasi goreng di rest area. Selain itu, servicenya pun ramah, sehingga Dreamland nyaman saat makan di sini.

            Setelah kenyang dan membungkus pizza untuk makan di jalan esok pagi, Dreamland pun kembali ke hotel dan menghabiskan waktu dengan bermain Wi-Fi di kamar. TV di hotel Agra sendiri tidak ada siaran internasional, jadinya tidak Dreamland lihat karena semuanya berbahasa Hindi. Senang sekali rasanya bisa melihat ikon India, Taj Mahal yang tersohor dan Agra Fort yang kokoh.



Agra, 21 Agustus 2016



Dreamland Traveller



Catatan:

- India menggunakan mata uang Indian Rupee (INR) sebagai mata uang yang sah.

- Nilai 1 USD adalah 62 - 67 INR saat Dreamland melakukan perjalanan.

- Tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi di India sangatlah bervariasi dan banyak, pastikan untuk memilih tempat yang spesifik sesuai wisata yang Anda gemari, entah itu kota budaya di Jaipur, Taj Mahal di Agra, wisata kota di Delhi, wisata sungai di Varanasi, wisata pantai di Goa, dan masih banyak lainnya.

- Hati-hati dengan tawaran yang “Too Goo To Be True” karena menjebak dan bersifat scam, contohnya tuk-tuk dengan harga yang super murah untuk berkeliling, khususnya di Jaipur dan Agra.

- Hati-hati dengan kondisi jalan di India yang sangat ramai.

- Bawalah kartu pelajar internasional yang mempunyai Valid Date saat berada di Jaipur karena akan menghemat pengeluaran tiket masuk terusan ke berbagai tempat wisata yang ada.

- Transportasi di India dapat diakses dengan bus, kereta api, tuk-tuk, taksi, dan becak.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.