Thursday, September 1, 2016

Lancar Berbahasa Inggris

Dreamland Traveller Moment




Lancar Berbahasa Inggris


            Sebagai bahasa internasional yang diakui dunia, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat vital saat traveling ke berbagai tempat di seluruh dunia. Memang ada beberapa negara yang sama sekali tidak fasih berbahasa Inggris, seperti China, namun tentu mayoritas negara yang ada di dunia mampu menggunakan Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, khususnya tawar menawar harga dalam paket tur.

            Jujur saja Dreamland tidak pernah kursus atau tinggal di negara yang menggunakan Bahasa Inggris selama ini. Malah Bahasa Inggris termasuk salah satu dari mata pelajaran yang membuat Dreamland keteteran saat berada di bangku SMP dan SMA. Saat pertama kali traveling pun, jujur saja lidah Dreamland sangat kelu untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Dreamland tahu harus mengatakan apa dalam Bahasa Indonesia, tapi begitu coba dikeluarkan dalam Bahasa Inggris, eh kok tidak keluar dengan lancar ya.

            Seiring berjalannya waktu, Dreamland menjelajahi berbagai tempat di kawasan Asia Tenggara. Hampir semua negara menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini membuat Dreamland mau tidak mau belajar untuk berbicara Bahasa Inggris. Tidak harus sempurna, tapi minimal dapat mengerti satu sama lain. Hasilnya, selalu ada progress dan perkembangan kemampuan Bahasa Inggris Dreamland semakin sering Dreamland traveling ke berbagai negara.

            Kalau boleh Dreamland simpulkan, kunci berbahasa Inggris atau asing adalah kita harus menggunakannya secara teratur. Awalnya terlihat sangat sulit, namun perlahan kita mampu mengucapkannya dengan cukup baik. Intinya sih PD saja berbahasa Inggris, meskipun banyak kosakata yang salah karena mereka pun memaklumi bahwa kita bukan penduduk yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

            Dreamland sendiri salut dengan penduduk Sri Lanka yang mampu berbahasa Inggris, baik muda maupun tua. Meskipun negara mereka boleh dikatakan sederhana, namun kemampuan Bahasa Inggris mereka patut diacungi jempol. Banyak anak kecil yang mencoba mempraktikkan bahasa Inggris pada orang asing, hasilnya mereka lebih cepat mampu lancar berbahasa Inggris. Jadi lancar atau tidaknya bahasa Inggris itu bukan soal bakat atau mendapat nilai yang tinggi di kelas, melainkan frekuensi penggunaannya sehari-hari dalam kehidupan sehari-hari.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.