Monday, September 26, 2016

Tips ‘n Trick Wisata di India

Dreamland Traveller




Tips ‘n Trick Wisata di India


            Sebagai negara dengan jumlah populasi terbesar ketiga di dunia, India menawarkan berbagai wisata menarik yang dapat dikunjungi. Negara yang dikenal dari film Slumdog Millionaire, mempunyai tingkat kemiskinan yang tinggi, serta kondisi lingkungan yang kumuh ini terkenal dengan ikon Taj Mahalnya yang memukau. Belum lagi Bollywood dan gelengan kepala menjadi sebuah budaya yang khas saat kita berada di India.

            Tentu kita harus mempersiapkan beberapa hal agar kunjungan kita selama berada di India dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan berarti. Dreamland akan membagikan beberapa tips untuk menikmati India secara utuh.



1. Mengingat luasnya wilayah India dan objek wisata yang tersebar di seluruh penjuru negeri, tentu kita harus menentukkan prioritas wilayah India mana yang akan kita kunjungi. Sebagai orang yang pertama kali datang ke India, Dreamland menyarankan untuk mengunjungi Golden Triangle karena mempunyai ikon Taj Mahal, serta kota budaya yang kental. Kita juga bisa memilih Varanasi yang mempunyai Sungai Gangga yang suci atau Khasmir yang bersalju tergantung dari preferensi wisata yang diinginkan.



2. Transportasi umum di India tersedia dengan baik, mulai dari Delhi Metro, bus, tuk-tuk, taksi, becak, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih sesuai dengan kenyamanan dan budget yang dimiliki. Jika ingin menghindari kemacetan Delhi, maka menggunakan Delhi Metro adalah transportasi yang paling bisa diandalkan dan tentunya bebas macet. Kita bisa membeli Tourist Card untuk akses sepuasnya dengan Delhi Metro selama 1 penuh dengan harga 150 INR.



3. Hati-hati dengan berbagai scam yang ada di India. Umumnya scam yang ada dapat dideteksi dengan sesuatu yang “too good, too be true”, mulai dari ongkos tuk-tuk yang sangat murah untuk keliling kota, peta gratis di Konter Informasi Turis, supir becak yang tidak menyebutkan mata uang saat menyebutkan nominal, guide gratis, dan berbagai macam scam lainnya.



4. Jika Anda masih berstatus mahasiswa dan mempunyai kartu mahasiswa, bawalah kartu mahasiswa yang mempunyai masa berlaku karena sangat bermanfaat saat berada di Jaipur. Anda dapat membeli tiket terusan hanya 200 INR jika dibandingkan tiket terusan orang asing dewasa non pelajar seharga 1.000 INR untuk memasuki hampir semua tempat wisata di Jaipur, kecuali City Palace.



5. Makanan India di pinggir jalan sangat tidak higienis, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi karena dikerubungi lalat guna menghindari sakit perut. Belilah makan di tempat makan yang bersih guna menjaga kesehatan selama berada di India.



6. Bawalah payung dan masker karena debu dan asap kendaraan India sangatlah pekat. Bawalah tisu saat berwisata di India karena tidak tersedia tisu di toilet umum.



7. Tawarlah harga saat akan membeli suvenir di pinggir jalan ataupun toko yang ada di India dengan patokan 80% dari penawaran awal karena pedagang memberikan tarif yang luar biasa tinggi pada turis asing.



8. Perhatikan peraturan yang ada di tempat wisata, khususnya larangan foto di beberapa tempat tertentu. Jika ketahuan, Anda akan diminta membayar denda sejumlah uang tertentu atau ditegur dan diminta menghapus foto yang diambil. Pakailah pakaian yang sopan dan menutupi badan saat memasuki berbagai tempat ibadah agar tidak harus menyewa sarung atau kain penutup badan.



9. Pastikan untuk meminta tiket masuk di setiap tempat wisata yang Anda singgahi setelah diperiksa, entah itu disobek atau dibolongi sebagai bukti pembayaran kunjungan Anda.



10. Waspada terhadap keamanan diri sendiri, khususnya ketika berada di jalan karena lalu lintas di India yang sangat ramai dan dipenuhi banyak orang. Taruhlah barang berharga di tempat yang aman dan awasi dengan seksama.


            Semoga tips yang Dreamland berikan mampu membuat kunjungan wisata Anda di India lebih lancar dan menyenangkan. Selamat berwisata di India!



India Trip, 15 - 24 Agustus 2016



Dreamland Traveller



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.