Saturday, January 12, 2013

Day 1 : Menjelajahi Destinasi Kesehatan Favorit Indonesia

Dreamland Traveller


Day 1 : Menjelajahi Destinasi Kesehatan Favorit Indonesia
            Dreamland Traveller kembali hadir di awal bulan Januari 2013 dengan perjalanan, destinasi, dan pengalaman yang baru. Kali ini, Dreamland berkesempatan untuk mengunjungi sebuah destinasi favorit orang Indonesia yang terkenal dengan kualitas rumah sakitnya. Hampir setiap tahun, ribuan orang Indonesia berkunjung ke tempat ini untuk berobat, check up kesehatan, dan melakukan terapi di salah satu wilayah bagian yang ada di Malaysia. Apalagi kalau bukan Penang atau yang dikenal juga dengan sebutan Pulau Pinang.








            Meskipun Penang sangat terkenal dengan wisata kesehatannya, Dreamland akan membahas destinasi wisata favorit di Pulau Pinang. Perjalanan dimulai tatkala Dreamland mulai berangkat dari Bandung menggunakan bus Primajasa menuju Soekarno-Hatta International Airport dari pool Pasar Batununggal. Pada pukul 12.00 WIB, Dreamland mulai berangkat dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam menuju bandara Jakarta. Untungnya jalanan tidak macet, sehingga Dreamland mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan semuanya dengan baik.








            Awalnya, Dreamland sudah memesan perjalanan ini jauh-jauh hari, yakni pada bulan Juli 2012 dengan rute Bandung – Penang. Hanya saja, AirAsia tiba-tiba meniadakan penerbangan rute Bandung – Penang, sehingga dengan sangat terpaksa Dreamland harus menggantinya dengan pergi ke Jakarta yang memiliki rute ini. Tentu biaya yang dikeluarkan menjadi sangat besar dan tidak ekonomis. Hiks…




            Sesampainya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Dreamland langsung menuju konter check-in AirAsia. Dreamland membayar Rp 150.000,00 untuk airport tax Jakarta, kemudian makan siang sejenak di salah satu gerai yang ada di bandara, sebelum akhirnya naik ke lantai 2. Sesampainya di lantai 2, Dreamland langsung menuju ruang tunggu keberangkatan ke Penang. Sebelumnya Dreamland melalui imigrasi untuk dicap dan pemeriksaan barang bawaan, di mana air dilarang untuk dibawa masuk ke pesawat.






            Selanjutnya, Dreamland menunggu selama kurang lebih 1 jam, akhirnya pihak bandara mengumumkan bahwa penerbangan Jakarta – Penang sudah siap untuk diberangkatkan pada pukul 16.45 WIB. Akhirnya, Dreamland langsung menuju pesawat AirAsia yang sudah siap diberangkatkan untuk membawa Dreamland ke Penang. Cuaca langit terlihat mendung, namun perjalanan tetap berjalan dengan lancar. Perjalanan Dreamland menjadi terhambat karena antrian pesawat di bandara Soekarno-Hatta yang sangat padat, sehingga jam keberangkatan pun menjadi terlambat.




            Dreamland pun menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam 20 menit sebelum akhirnya tiba di bandara internasional Penang. Bandara ini boleh dikatakan masih baru dibangun dan terlihat sangat megah. Dreamland langsung menuju imigrasi untuk mendapatkan visa Malaysia, kemudian Dreamland menuju konter bagasi dan akhirnya keluar dari bandara. Dreamland langsung mencari bus 401E yang akan membawa Dreamland menuju terminal bus pusat Penang di Kompleks Tun Abdul Razak (KOMTAR). 




            Setelah menunggu dan menemukan bus yang tepat, Dreamland langsung membayar tiket bus senilai RM 2,7 untuk jurusan Komtar. Dreamland pun harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit menuju pusat kota Penang. Dreamland melihat jalanan kota Penang begitu lenggang karena hari yang sudah larut malam. Sesampainya di Komtar, Dreamland langsung menuju ke Tune Hotels.com yang terletak tidak terlalu jauh dari Komtar. 


            Akhirnya setelah berjalan kaki cukup jauh, Dreamland langsung masuk ke Tune Hotels.com Downtown Penang dan mengambil kunci kamar di receptionist yang terletak di lantai 2. Dreamland mendapat kamar 527 yang terletak di lantai 5. Dreamland pun langsung menuju kamar untuk beristirahat karena badan yang sudah sangat letih. Kebetulan Dreamland mendapatkan kamar di paling ujung lorong yang memiliki pemandangan jendela ke beberapa tempat di Penang. 
            Dreamland cukup terkejut ketika berada di kamar ketika melihat tidak ada TV karena Dreamland baru pertama kali mendapati kamar Tune Hotels.com yang tidak dilengkapi dengan TV. Dreamland pun beristirahat dan berharap petualangan Penang Trip yang akan dimulai esok hari akan berjalan dengan lancar. Senang rasanya bisa menjejakkan kaki di destinasi kesehatan favorit orang Indonesia!

Jakarta, Penang, Malaysia, 6 Januari 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Transportasi di Penang sangat mudah diakses dengan Rapid Penang yang terintegrasi atau berkumpul di Komtar dan Jetty.
- Terdapat angkutan gratis CAT Free Bus Hop on Free di Penang yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai tempat bersejarah di Kota Penang.
- Kuliner di Penang terkenal sangat murah, namun dari segi rasa tergantung dari selera lidah masing-masing.
- Terdapat berbagai panduan wisata Penang yang tertera di Komtar, kita bisa mengecak bus yang harus dinaiki untuk menuju lokasi wisata yang kita inginkan.
- Durian Penang sangat lezat untuk dinikmati, hanya saja tidak dapat dijadikan oleh-oleh karena akan disita oleh pihak bandara.
- Lokasi wisata terkenal di Penang, antara lain Kek Lok Si Temple, Snake Temple, Bukit Bendera (Penang Hill), Sleeping Buddha, kawasan George Town, dan lain sebagainya.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.