Saturday, January 12, 2013

Day 2 : Mengeksplorasi George Town dan Historical Place Penang

Dreamland Traveller

Day 2 : Mengeksplorasi George Town dan Historical Place Penang
            Dreamland Traveller bangun di pagi ini dengan penuh semangat dan siap untuk menjalani aktivitas hari ini di Penang. Hari ini, Dreamland mengunjungi kompleks bangunan bersejarah yang ada di Penang, tepatnya di kawasan George Town. Dreamland berjalan menuju Komtar untuk naik bus CAT Free Bus yang berjalan menuju kawasan bersejarah Penang. Sebelumnya, Dreamland sarapan terlebih dahulu di salah satu rumah makan yang ada.




            Dreamland pun menunggu bus CAT Free Bus di Komtar dengan sabar, kemudian Dreamland naik dan melihat keadaan Penang di jalan secara lebih dekat. Penang boleh dikatakan sebagai kota pecinan atau Chinatown. Begitu banyak bangunan kuno China yang berjejer di sepanjang jalan. Rasanya seperti kembali hidup ke awal abad ke-20. Di Penang, mayoritas penduduk Malaysia adalah etnis Tionghua. Hampir di setiap jalan, percakapan dalam bahasa Hok Kien sangat kental. Namun jangan khawatir hampir semua masyarakat di Penang bisa menguasai Bahasa Melayu dan Bahasa Inggris sebagai bahasa percakapan.




            Akhirnya, Dreamland tiba di kawasan George Town setelah melalui beberapa persimpangan jalan. Dreamland memutuskan untuk berkeliling dulu satu kali dengan bus CAT Free Bus, sebelum akhirnya berhenti di Gereja St. George yang merupakan gereja Anglikan tertua di Asia Tenggara. Dreamland sangat mengagumi arsitektur gereja yang sangat megah dan penuh dengan ornamen. Selanjutnya, Dreamland mengunjungi museum negeri Pulau Pinang. Dengan tarif RM 1, Dreamland dapat melihat sejarah dan asal muasal Pulau Pinang, pendudukan, serta suku bangsa yang ada di Penang.






            Museum ini boleh dikatakan cukup lengkap karena kita dapat melihat berbagai kesenian, budaya, tradisi, pakaian adat, perpaduan suku, serta sejarah Penang secara lengkap dan detail. Museum ini sendiri adalah salah satu bangunan tua di Penang, sehingga arsitekturnya terlihat sangat memukau. Dreamland sangat menyarankan untuk mengunjungi tempat ini sejenak karena cukup menarik dan bisa menambah wawasan kita.




            Setelah itu, Dreamland langsung berjalan ke kawasan balai kota. Dreamland berfoto ria di depan bangunan bersejarah yang sangat eksotis di Pulau Pinang. Bangunan Eropa yang putih megah ini sangat cantik ketika diabadikan dalam foto. Kemudian Dreamland mengunjungi City Hall, Victoria Clock Tower, Town Hall, dan Esplanade yang terletak sangat berdekatan. Selanjutnya, Dreamland melihat Fort Cornwallis yang merupakan benteng pertahanan Penang pada saat perang. 




            Dreamland pun berjalan-jalan di sepanjang jalan yang ada di George Town untuk menikmati suasana kota tua layaknya Braga di Bandung. Kemudian makan siang di salah satu food court yang ada. Setelah itu, Dreamland langsung menuju ke salah satu halte bus Hop on Free CAT Bus. Dreamland menunggu kurang lebih selama 1 jam untuk menaiki bus gratis ini. Cuaca yang sangat panas membuat Dreamland merasa letih dan mengantuk.




            Akhirnya, Dreamland pun mendapatkan CAT Free Bus, selanjutnya Dreamland berhenti di sebuah pasar yang menjual aneka manisan. Dreamland membeli beberapa manisan di sana, kemudian berjalan keliling untuk melihat beraneka barang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Hari pun menjelang sore, Dreamland memutuskan untuk kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak. Dreamland pun makan di sebuah rumah makan, kemudian memutuskan untuk berjalan-jalan di sekeliling hotel dan membeli sejumlah durian yang ada.






            Petualangan Dreamland di hari kedua ini pun usai dan Dreamland kembali ke hotel untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai hal yang ada di esok hari. Semoga petualangan esok hari jauh lebih menantang dan memberikan wawasan baru bagi Dreamland Traveller!

Penang, 7 Januari 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Transportasi di Penang sangat mudah diakses dengan Rapid Penang yang terintegrasi atau berkumpul di Komtar dan Jetty.
- Terdapat angkutan gratis CAT Free Bus Hop on Free di Penang yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai tempat bersejarah di Kota Penang.
- Kuliner di Penang terkenal sangat murah, namun dari segi rasa tergantung dari selera lidah masing-masing.
- Terdapat berbagai panduan wisata Penang yang tertera di Komtar, kita bisa mengecak bus yang harus dinaiki untuk menuju lokasi wisata yang kita inginkan.
- Durian Penang sangat lezat untuk dinikmati, hanya saja tidak dapat dijadikan oleh-oleh karena akan disita oleh pihak bandara.
- Lokasi wisata terkenal di Penang, antara lain Kek Lok Si Temple, Snake Temple, Bukit Bendera (Penang Hill), Sleeping Buddha, kawasan George Town, dan lain sebagainya.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.