Saturday, January 12, 2013

Day 3 : Pesona Kek Lok Si Temple dan Snake Temple

Dreamland Traveller


Day 3 : Pesona Kek Lok Si Temple dan Snake Temple
            Tanpa terasa Dreamland pun memasuki hari ketiga dalam Penang Trip. Kali ini, Dreamland berencana mengunjungi Kek Lok Si Temple yang sangat terkenal dan menjadi ikon dari Penang. Dreamland mengawali hari ini dengan berjalan kaki menuju Komtar, kemudian Dreamland singgah terlebih dahulu di mal yang ada di Komtar untuk sarapan. 




Sesudah itu, Dreamland melihat sejumlah travel agent di Komtar yang menawarkan jasa bus menuju Hat Yai, Thailand. Dreamland pun membeli tiket pulang pergi menuju Hat Yai, di mana esok hari Dreamland akan melakukan Hat Yai Trip. Harga yang ditawarkan untuk tiket bus pulang pergi ke Hat Yai ini umumnya seragam, yakni RM 60. 




Dreamland pun langsung naik bus Rapid Penang jurusan 201 untuk menuju Kek Lok Si Temple. Jarak antara Komtar dan Kek Lok Si Temple cukup jauh, yakni 30 menit. Sesampainya di wilayah Kek Lok Si Temple, Dreamland harus berjalan kaki cukup jauh, yakni 750 m sebelum akhirnya bisa mengakses Kek Lok Si Temple yang terletak cukup tinggi di Penang. Sebelum menuju Kek Lok Si Temple, kita akan disuguhkan berbagai souvenir menarik di sepanjang jalan menanjak.




Sesampainya di Kek Lok Si Temple, Dreamland melewati kolam yang berisi banyak kura-kura, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Kemudian, Dreamland menaiki beberapa anak tangga lagi melewati rumah makan, penjual souvenir, dan alat sembahyang sebelum akhirnya benar-benar sampai di kompleks kuil. Kek Lok Si Temple sangatlah megah dan penuh dengan ornamen Tionghua. 




Bangunan khas China dan patung-patung Buddha yang berjejer memberi kesan religius tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Dreamland menjelajahi setiap sudut Kek Lok Si dengan seksama. Untuk menuju pagoda, kita akan dikenakan tarif RM 2. Dreamland pun menaiki tangga pagoda yang sangat tinggi untuk melihat pemandangan kota Penang yang sangat indah. Setelah puas menikmati pesona Kek Lok Si, Dreamland langsung bergegas menuju Bukit Bendera atau yang dikenal dengan Penang Hill.




Dreamland kembali menuruni banyak anak tangga, kemudian berjalan kaki menuju Penang Hill. Dreamland harus berjalan kaki kurang lebih 1 km untuk sampai di Bukit Bendera. Sesampainya di Bukit Bendera, Dreamland harus menelan kekecewaan karena tram yang menuju ke Bukit Bendera ditutup dengan alasan perbaikan dan pemantauan transportasi. Sayang sekali padahal Dreamland sangat penasaran dengan pesona apa yang ditawarkan Bukit Bendera. Akhirnya dengan terpaksa Dreamland pulang kembali ke Komtar dengan bus 204.


Sesampainya di Komtar, Dreamland langsung menuju Snake Temple yang terletak cukup jauh dari Komtar. Perjalanan selama 45 menit pun harus ditempuh sebelum akhirnya bisa mengakses tempat wisata yang satu ini. Dreamland cukup kecewa dengan Snake Temple karena tidak sesuai ekspetasi Dreamland. Di kuil ini, ular yang ada sangatlah sedikit dan hanya diletakkan di pepohonan, selain itu untuk melihat jenis-jenis ular harus membayar kembali RM 5.
Akhirnya setelah melihat-lihat sejenak Snake Temple, Dreamland menuju Queensbay Mall yang dikenal dengan AEON. Di sini Dreamland hanya melihat-lihat saja barang yang dijual, setelah itu beranjak pulang kembali ke Komtar karena hari sudah beranjak sore. Akhirnya setelah menempuh kembali perjalanan yang cukup jauh, Dreamland kembali ke Komtar. Setelah itu, Dreamland langsung makan malam di rumah makan dan kembali ke hotel untuk beristirahat.
Senang sekali rasanya bisa melihat pesona Kek Lok Si Temple dan Snake Temple yang menjadi ikon Penang.

Penang, 8 Januari 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Transportasi di Penang sangat mudah diakses dengan Rapid Penang yang terintegrasi atau berkumpul di Komtar dan Jetty.
- Terdapat angkutan gratis CAT Free Bus Hop on Free di Penang yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai tempat bersejarah di Kota Penang.
- Kuliner di Penang terkenal sangat murah, namun dari segi rasa tergantung dari selera lidah masing-masing.
- Terdapat berbagai panduan wisata Penang yang tertera di Komtar, kita bisa mengecak bus yang harus dinaiki untuk menuju lokasi wisata yang kita inginkan.
- Durian Penang sangat lezat untuk dinikmati, hanya saja tidak dapat dijadikan oleh-oleh karena akan disita oleh pihak bandara.
- Lokasi wisata terkenal di Penang, antara lain Kek Lok Si Temple, Snake Temple, Bukit Bendera (Penang Hill), Sleeping Buddha, kawasan George Town, dan lain sebagainya.

~ oOo ~

2 comments:

  1. mau nanya dong dari komtar ke queensbay mall naik bus nomor berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung ditanyakan ke petugas Rapid Penang karena Dreamland belum pernah ke Queensbay Mall. :)

      Delete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.