Saturday, April 20, 2013

Bangkok, Surga Belanja Orang Indonesia

Dreamland Traveller Moment


Bangkok, Surga Belanja Orang Indonesia
            Bahasa adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan ketika berkomunikasi dengan orang lain. Pertukaran dan transfer informasi akan terjadi dengan baik tatkala kita mampu dan mempunyai bahasa yang dimengerti orang lain. Hal ini rupanya menjadi salah satu pelajaran bagi Thailand dalam menggaet minat wisatawan asing, khususnya orang Indonesia dalam membelanjakan uangnya di Negara Gajah Putih ini. 
            Hampir di semua tempat belanja yang Dreamland singgahi selama di Bangkok, semua penjual mampu berbahasa Indonesia dengan baik. Mulai dari tempat belanja yang ada di Wat Arun. Hampir semua proses tawar menawar dan belanja dilakukan dengan bahasa Indonesia. Bahkan label harganya pun sampai tertulis “Beli 3 harga 300”. Astaga! Berarti tempat belanja ini memang diperuntukkan untuk orang Indonesia yang suka belanja.
            Tatkala Dreamland berada di Honey Bee Shop. Penjual pun berbahasa Indonesia dengan sangat fasih. Mereka menerangkan setiap proses yang ada dengan bahasa yang mudah dipahami, sehingga banyak turis Indonesia yang kebetulan bertemu di sana membawa tentengan belanjaan yang sangat banyak dari tempat ini. Mungkin mereka terpengaruh dengan penjelasan yang sangat baik dari staf Honey Bee Shop yang sangat fasih berbahasa Indonesia.
            Selanjutnya, tatkala Dreamland berada di Gems Jewelry Factory. Semua petugas yang melayani kami mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan sempurna. Rasanya tidak ada yang menyangka kalau yang sedang berbicara adalah orang Thailand asli. Aksen dan pengucapan setiap katanya sangat sesuai dengan tipe-tipe orang Indonesia. Hebatnya lagi, mereka bisa berbahasa Rusia mengingat turis Rusia juga sangat banyak berkunjung ke Thailand. Keren!
            Terakhir, tatkala Dreamland ada di MBK. Hampir sebagian besar penjual bisa berbahasa Indonesia. “Ini satunya 200 bath. Mau yang mana?” katanya lancar. Tentu Dreamland harus mengacungkan jempol untuk pariwisata Thailand yang mampu mengajak semua warganya untuk berbahasa Indonesia agar banyak orang Indonesia yang berbelanja di sana tanpa kesulitan. Tak heran rasanya jika orang Indonesia banyak “menaburkan” uangnya di Bangkok karena tidak ada kendala bahasa dan harga barang-barangnya yang murah.
            Andai saja pariwisata negara kita bisa menirukan hal yang sama, di samping bisa berbahasa Inggris, bisa juga berbahasa Mandarin dan lain sebagainya untuk menarik minat wisatawan asing berkunjung, Dreamland yakin pariwisata Thailand tidak akan ada apa-apanya karena wisata Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Semoga saja masyarakat dan pemerintah segera berbenah untuk mempersiapkan Indonesia menjadi negara yang ramah wisatawan.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.