Sunday, April 7, 2013

Tips ‘n Trik Wisata Seru di Bangkok

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trik Wisata Seru di Bangkok
            Bangkok adalah ibukota Thailand yang kondisi fisiknya hampir sama dengan Jakarta. Kemacetan, tingkat kriminalitas, serta kemiskinan yang menjadi pemandangan umum yang dijumpai selama berada di Bangkok. Hanya saja, Bangkok sudah mempunyai sistem transportasi yang tertata dengan rapi, mulai dari BTS Skytrain, MRT, bus umum, dan kereta api, sehingga memudahkan turis untuk mengunjungi berbagai tempat menarik yang ada di Bangkok.
            Tentu kita ingin aktivitas wisata kita di Bangkok meninggalkan kesan yang istimewa di hati kita dalam arti yang positif. Maka dari itu, Dreamland akan membagikan beberapa tips penting yang diharapkan mampu menjadikan liburan kita di Bangkok semakin menyenangkan, tentunya dengan biaya yang efisien.

1. Tuk-tuk atau Song Thaw adalah transportasi khas Thailand yang akan Anda jumpai selama berada di Bangkok. Tentu kita tertarik untuk mencoba menaiki kendaraan yang satu ini. Hanya saja, harus diperhatikan bahwa tuk-tuk di Thailand adalah kendaraan yang sangat memeras uang turis. Lakukan proses tawar menawar harga terlebih dahulu sebelum menaiki kendaraan yang satu ini agar tidak menyesal karena tarifnya yang sangat mahal. Selain itu, tuk-tuk juga berpotensi meninggalkan Anda di suatu tempat yang tidak Anda ketahui. Jangan mengambil risiko untuk charter tuk-tuk untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

2. Bangkok adalah kota yang penuh dengan kemacetan setiap harinya. Tentu sangat disarankan menggunakan transportasi umum bebas macet, seperti BTS Skytrain, MRT, dan kereta api untuk meminimalisir habisnya waktu di jalan. Selain itu, hindari naik taksi dan tuk-tuk karena Anda akan membayar tarif yang sangat amat mahal di tengah kemacetan Bangkok yang parah. Jangan sampai budget liburan Anda di Bangkok habis karena transportasi.

3. Cuaca di Bangkok sangatlah panas. Jangan lupa bawa topi, payung, dan sunblock untuk menghindari kulit yang terbakar sinar matahari. Selain kulit yang perih karena terbakar, membawa topi juga akan menghindarkan kita dari pingsan akibat kelelahan dan dehidrasi yang sangat akibat panasnya cuaca. Bawalah banyak air putih selama berjalan-jalan di Bangkok agar stamina tubuh kita tetap terjaga.

4. Hampir semua wilayah di Thailand dapat kita capai dengan kereta api di Hua Lam Phong atau Bangkok Railway Station. Daripada mengikuti tur dengan harga yang mahal, tak ada salahnya Anda mencoba kereta api kelas 3 dengan harga yang sangat terjangkau ini untuk mengeksplorasi Thailand Selatan hingga Utara. Kereta api dari stasiun kereta api Bangkok ini menuju ke berbagai destinasi, mulai dari bandara Don Mueang, Ayutthaya, hingga Chiang Mai.

5. Cobalah untuk mencicipi makanan khas Thailand di sini. Bangkok adalah surga kuliner yang tepat bagi para pecinta kuliner. Di samping harganya yang murah, cita rasa makanan Thailand pada umumnya dapat diterima oleh lidah kita di Bangkok. Makanan yang paling enak dapat kita temukan di sepanjang trotoar jalan dengan harga yang terjangkau, khususnya gorengan tusuk yang begitu nikmat.

6. Jika Anda ingin berjalan-jalan sendiri di Bangkok, upayakan untuk meminta resepsionis hotel untuk menuliskan nama hotel dalam bahasa Thailand. Ingat, tidak semua orang Thailand mengeri bahasa Inggris, sehingga kita tidak tersesat di jalan pada akhirnya. Selalu tuliskan tujuan kita dalam bahasa Thai agar supir atau orang yang membawa kita mengerti apa yang menjadi destinasi yang ingin kita capai.

7. Tuk-tuk di Thailand terkenal dengan scammingnya. Grand Palace sebagai tempat wisata terpopuler di Bangkok kerapkali menjadi tempat berkumpulnya para tuk-tuk nakal ini. Mereka akan mengatakan bahwa Grand Palace tutup dan mereka akan mengantar kita ke berbagai kuil di Thailand dengan harga terjangkau. Namun jangan salah, mereka justru akan menjerumuskan kita di pabrik permata yang harganya selangit dan palsu agar mereka mendapatkan kupon bensin gratis. Setelah itu, mereka akan meninggalkan kita di lokasi yang sepi alat transportasi. Jangan pernah percaya pada tuk-tuk adalah hal paling aman yang perlu Anda perhatikan di Bangkok.
            Semoga tips dan trik yang Dreamland berikan mampu menjadikan liburan kita semua di Bangkok menjadi lebih menyenangkan tanpa adanya sebuah kendala atau masalah yang berarti. Selamat berlibur di Bangkok!

~ oOo ~

4 comments:

  1. Kemarin liburan ke bangkok tapi gak bnyak jalan, pengen lagi main kesana,, makasih buat artikelnya Gan. sukses ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lukisan Minimalis : Sama-sama. Semoga bermanfaat! :)

      Delete
  2. Tipsnya sangat membantu, biar gak ketipu waktu libura. Thanks sobat.

    ReplyDelete
  3. Sama-sama @srisahara. Semoga terhindar dari scamming yang menjebak di Bangkok ya. :)

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.