Saturday, July 19, 2014

Day 6 : Bye Udon Thani and Shopping in MBK

Dreamland Traveller


Day 6 : Bye Udon Thani and Shopping in MBK
            Setelah tidur pulas akibat perjalanan yang sangat melelahkan selama 2 hari terakhir, Dreamland pun harus bersiap-siap kembali karena akan pulang kembali ke Bangkok dengan menggunakan pesawat AirAsia. Untungnya Dreamland tidak harus naik kereta lagi yang sangat amat melelahkan dan membuat menderita. Sebagai informasi, Dreamland sebenarnya membeli tiket BKK – UTH – BKK, namun karena tiket Mandala yang Dreamland miliki diganti dengan Tigerair dan jadwalnya bentrok, terpaksa Dreamland mengubah rencana dengan menggugurkan tiket BKK – UTH.













            Dreamland pun check-out pada pukul 10.00 dan membayar 350 THB untuk membayar hostel. Dreamland berjalan menuju terminal bus Udon Thani untuk melihat apakah ada bus yang menuju ke bandara atau tidak. Rupanya setelah Dreamland tanya ke sana kemari tidak ada bus yang menuju ke bandara. Sebelum pergi ke bandara, Dreamland makan siang dulu di salah satu kios yang ada, yakni nasi goreng seharga 40 THB. Sesudah itu, Dreamland tawar menawar dengan supir tuk-tuk dan mendapat harga 150 THB untuk pergi ke airport.












            Perjalanan menuju airport pun ditempuh selama 30 menit. Sepanjang jalan, Dreamland melihat Udon Thani adalah kota kecil yang cukup hidup di kawasan timur laut Thailand ini. Sesampainya di airport, Dreamland langsung membayar tuk-tuk dan masuk ke ruang keberangkatan. Dreamland masuk dan melakukan document check-in terlebih dahulu. Setelah itu, Dreamland berkeliling bandara Udon Thani untuk melihat apa saja yang ada di bandara ini. Bandara Udon Thani cukup besar dan luas untuk ukuran bandara domestik. Jika dibandingkan dengan Bandara Husein Sastranegara, Bandara Udon Thani jauh lebih megah dan bagus.














            Banyak konter makanan yang berjualan di sepanjang bandara Udon Thani ini. Buat yang mendarat dari bandara Udon Thani, ada konter yang menjual transportasi ke pusat kota seharga 80 THB dan ke perbatasan Thai - Laos seharga 200 THB. Sesudah puas berkeliling bandara, Dreamland pun naik ke ruang keberangkatan domestik di atas, kemudian diperiksa bagasi kabin, dan akhirnya menunggu di ruang tunggu yang cukup nyaman. Penumpang bandara Udon Thani boleh dikatakan dikuasai oleh 2 budget airlines, yakni Nok Air dan AirAsia Thailand. 













            Dreamland pun menunggu selama 1 jam sebelum akhirnya pesawat Thai AirAsia menuju Bangkok siap untuk diberangkatkan. Selama menunggu, Dreamland memanfaatkan waktu dengan mengisi minum di dispenser yang ada, membaca majalah, serta memainkan Wi-Fi yang tersedia. Hanya saja Wi-Finya mengharuskan kita mendaftar dengan identitas. Sesudah dipanggil masuk, Dreamland pun segera masuk pesawat, duduk di tempat yang telah ditentukan, dan menanti pesawat segera mengudara.














            Akhirnya, pesawat Thai AirAsia pun meninggalkan Udon Thani dengan berbagai kenangan di dalamnya. Perjalanan Udon Thani – Bangkok ini memakan waktu selama 1 jam. Selama perjalanan, langit untungnya bersinar dengan cerah. Sesampainya di Don Mueang Airport, Bangkok, Dreamland langsung keluar dan mendaftar ke konter shuttle bus gratis menuju Suvarnabhumi Airport. Sebagai informasi, bagi Anda yang membutuhkan akses ke Suvarnabhumi Airport bisa menggunakan jasa ini gratis dengan syarat mempunyai boarding pass penerbangan AirAsia.















            Keberadaan bus antar jemput gratis antar bandara ini seyogianya diaplikasikan juga antara Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma di Jakarta. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Bus pun berangkat pukul 14.00 tepat. Bus pun melewati jalan tol untuk menuju Bandara Suvarnabhumi. Sepanjang jalan, Dreamland disuguhi dengan pemandangan gedung tinggi, apartment yang baru dibangun, serta kemacetan Bangkok yang menjadi-jadi. 














            Setelah perjalanan selama 1 jam lebih, akhirnya bus pun sampai di bandara Suvarnabhumi dengan baik. Dreamland diberhentikan di pintu keberangkatan. Sebelum pergi ke Airport Rail Link di bawah, Dreamland berfoto-foto dulu di Suvarnabhumi Airport dengan berbagai ornamen yang ada. Akhirnya, Dreamland langsung turun ke Airport Rail Link dan membeli tiket ke Ramkhamhaeng seharga 30 THB. 
















            Suasana Airport Rail Link cukup ramai, namun Dreamland tetap dapat tempat duduk untungnya. Sesampainya di Ramkhamhaeng, Dreamland turun dan menuju ke Nasa Vegas Hotel dengan jembatan penyeberangan yang tampaknya baru saja dibangun. Tentu hal ini memudahkan Dreamland dibandingkan tahun lalu, harus menyeberangi jalan yang sangat berbahaya menuju hotel. Sesampainya di Nasa Vegas Hotel, Dreamland langsung melakukan check-in dan mendapat kunci kamar di 1831. 















            Dreamland pun beristirahat sejenak di kamar hotel. Tak disangka pukul 15.30, hujan deras turun di Bangkok. Hal ini membuat salah satu trafo listrik dekat hotel meledak. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah hujan cukup reda, Dreamland pun memutuskan untuk berjalan-jalan ke mal yang ada di Bangkok dengan transportasi Airport Rail Link dan BTS. 














            Dreamland pun membeli tiket Airport Rail Link ke Phaya Thai seharga 25 THB. Setelah itu, Dreamland melanjutkan perjalanan pertama ke MBK Mall dari Phaya Thai menuju ke National Stadium seharga 25 THB dengan BTS. Total perjalanan yang dihabiskan menjadi 50 THB. Sesampainya di National Stadium Station, ada jembatan yang langsung terhubung dengan gedung MBK Mall, sehingga memudahkan Dreamland untuk langsung mengeksplorasi MBK.















            Seperti biasa, tidak ada yang berubah dari MBK Mall semenjak 1 tahun lalu, Dreamland melihat barang dagangan dan suvenir yang dijual masih sama-sama saja. Bagi yang mau membeli T-shirt kisaran harganya 99 THB. Dreamland hanya berjalan sekilas saja melihat dari lantai 1 – 7, apa yang ada di MBK dewasa ini. Tak lupa Dreamland mencicipi Subway yang sedang promo 49 THB. Setelah itu, Dreamland melihat ke Magic Art Museum Bangkok di lantai 7 untuk sekadar berfoto tanpa masuk. 














            Sesudah puas melihat MBK dari atas ke bawah selama 2 jam, Dreamland berjalan menuju Siam Discovery untuk melihat Madame Tussauds Bangkok. Kali ini patungnya adalah Leonardo Dicaprio. Tahun lalu, Brad Pitt adalah patung yang dipasang. Jadilah Dreamland berfoto sejenak, setelah itu Dreamland berkeliling sebentar dan menyeberang jembatan ke mal selanjutnya, yakni Siam Centre. 



















            Tidak ada yang istimewa dari mal ini karena sedikit sekali pengunjung yang ada di Siam Centre ini. Desainnya menunjukkan bahwa mal Siam Centre ini mal mahal dan berkelas. Setelah melalui Siam Centre, akhirnya Dreamland sampai di Siam Paragon. Mal ini boleh dikatakan sangat mewah dan megah layaknya Grand Indonesia. Pengunjungnya pun rata-rata tipe wanita dan pria mal yang sangat metroseksual dan rapi. Bagian food court Siam Paragon ini sangat ramai dan dipenuhi oleh pengunjung.

























            Setelah puas melihat kemegahan mal-mal yang ada di sekitar MBK, yakni Siam Discovery, Siam Centre, dan Siam Paragon, akhirnya Dreamland pun keluar menuju BTS Siam dan pulang ke Phaya Thai dengan tarif 22 THB. Sesampainya di Phaya Thai, Dreamland beralih menuju Airport Rail Link Phaya Thai – Ramkhamhaeng dengan tarif 25 THB. Total perjalanan pulang adalah 47 THB. Sesampainya di Ramkhamhaeng, Dreamland langsung menuju hotel dengan jembatan penyeberangan. 














































            Dreamland langsung beranjak ke kamar dan beristirahat sambil menonton TV di Nasa Vegas Hotel. Senang sekali rasanya bisa kembali ada di Bangkok setelah perjalanan panjang mengelilingi Indochina 5 hari terakhir.

Udon Thani, Bangkok, 8 Juli 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Kurs 1 THB saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 370 IDR.
- Thailand terkenal sebagai negara pariwisata yang handal, murah, dan mudah bagi para wisatawan.
- Kita bisa pergi ke Vientiane, Laos melalui Nong Khai di Timur Laut Thailand atau ke Poipet, Kamboja melalui Aranyaprathet di Timur Thailand dengan kereta api yang ada di stasiun Hua Lam Phong.
- Kawasan Indochina sangat mudah dikunjungi dengan berbagai moda transportasi, mulai dari pesawat, bus, hingga kereta api.
- Objek wisata yang terkenal di Bangkok, Thailand, antara lain Wat Pho, Wat Arun, Royal Palace, Chao Phraya River, MBK Mall, Siam Paragon Mall, Siam Discovery Mall, Platinum Mall, Chatuchak Weekend Market, dan lain sebagainya.
- Objek wisata yang terkenal di Siem Reap, Cambodia, antara lain Angkor Wat, Angkor Thom, Ta Phrom, Bayon Temple, Banteay Srie, Wat Thmei, Floating Village, Old Market, dan lain sebagainya.
- Objek wisata yang terkenal di Vientiane, Laos, antara lain Phat That Luang Pagoda, Patuxay, Sisaket Museum, Wat Si Muang, Talat Sao Mall, Mekong River, Black Stupa, dan lain sebagainya.
- Vientiane menerima uang THB sebagai alat pembayaran, disamping LAK (Lao Kip) sebagai mata uang resmi negara Laos.
- Cambodia menggunakan mata uang US Dollar dan Cambodia Riel (CAR) sebagai alat pembayaran.
- Kurs 1 USD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 11.800 IDR.
- 1 USD setara dengan 4.000 Riel Cambodia.
- 1 THB setara dengan 200 LAK (Lao Kip)
- Warga negara Indonesia bebas visa untuk memasuki Thailand, Laos, dan Kamboja tanpa ada biaya tertentu.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.