Saturday, October 18, 2014

Pajak Tepat Guna di Sydney

Dreamland Traveller Moment


Pajak Tepat Guna di Sydney
            Tatkala Dreamland menuju ke Blue Mountain di Katoomba, Dreamland melihat ada jalan yang sedang diperbaiki oleh pemerintah. Dengan sangat professional, mereka mengerjakan proyek jalan ini dengan rapi dan teratur. Hal ini tentu sangat memukau Dreamland karena pemerintah memang benar-benar mengerjakan porsinya dengan baik. Alhasil, jalanan di Sydney selalu mulus dan terawat dengan baik karena diperhatikan pemerintah.
            Aunty mengatakan bahwa pajak di Australia sangat tinggi. Tapi pembayaran pajak oleh warga Australia juga diimbangi dengan penyediaan infrastruktur yang baik oleh pemerintah. Pemerintah membangun jalan, fasilitas umum, dan trotoar yang nyaman dari pajak yang dibayar warganya. Benar-benar salut dan patut diacungi jempol. Sangat berbeda jauh dengan pemerintah Indonesia yang aktif menagih pajak, tapi perbaikan infrastruktur pendidikan, jalan, dan fasilitas umum selalu terbengkalai dengan alasan yang tidak masuk akal.
            Hal ini menunjukkan bahwa mentalitas pemerintah Australia sangat baik dan professional untuk mempertanggungjawabkan pajak yang masuk bagi kesejahteraan masyarakatnya sendiri. Penting rasanya bagi kita untuk belajar dari Australia bahwa pajak bukanlah uang yang seenaknya difoya-foya untuk kesenangan suatu golongan, melainkan menjadi sebuah tanggung jawab yang besar untuk dialihkan pada sektor strategis dalam kehidupan masyarakat banyak.
            Jangan sampai masyarakat Indonesia jadi malas bayar pajak karena uang mereka seolah menguap entah ke mana oleh “Gayus-Gayus” di Indonesia. Kesadaran membayar pajak orang Australia tinggi karena mereka tahu pemerintah tidak “bermain” dengan uang yang mereka bayarkan, tetapi memang betul digunakan untuk pembangunan yang lebih baik. Semoga suatu hari nanti Indonesia bisa mencapai titik tersebut dalam hal pemanfaatan pajak secara tepat guna dengan revolusi mental yang diterapkan oleh Presiden Jokowi.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.