Saturday, November 1, 2014

Day 9 : Long Way To Jakarta

Dreamland Traveller


Day 9 : Long Way To Jakarta
            Berhubung tidur Dreamland yang sangat nyenyak membuat Dreamland dan teman sekamar rupanya bangun kesiangan semua. Dreamland pun segera berkemas dan membawa barang bawaan dibantu Farid ke dalam bus. Terpaksa Dreamland melewatkan sarapan di Palm Square lantai 1 karena telat bangun ini. Insiden telat bangun di hari terakhir ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.
            Bus pun langsung membawa Dreamland dan rombongan menuju ke Bandara Narita Terminal 2. Perjalanan menuju bandara ini memakan waktu hingga 1 jam 30 menit. Banyak teman yang tertidur karena bangun sangat pagi, sementara Dreamland sendiri tidak tidur karena merasa lapar akibat tidak sarapan.
Setelah melewati jalan tol yang cukup panjang, akhirnya kami semua sampai di Bandara Narita Terminal 2. Kami langsung mengambil seluruh koper dan barang bawaan kami ke dalam troli, kemudian berbaris untuk mengambil boarding pass dan menaruh bagasi di konter Japan Airlines. Sesudah bagasi disimpan dengan aman, kami pun mendapat kesempatan untuk berjalan-jalan dan berbelanja di bandara dengan waktu yang tersisa.
Dreamland membeli oleh-oleh yang cukup banyak untuk sanak keluarga di rumah, hanya saja ada kesalahpahaman dalam persepsi pajak konsumsi 8%. Memang di bandara kita tidak dikenakan pajak 8%, tapi harganya rupanya sudah dinaikkan berkali-kali lipat. Pelajaran bagi kita semua untuk membeli oleh-oleh sebelum berada di bandara ya. Sesudah puas berbelanja, tiba saatnya bagi Dreamland untuk melakukan prosedur bandara seperti biasa, seperti screening barang bawaan, cap imigrasi keluar Jepang, sampai menunggu di gate yang telah ditentukan.
Akhirnya setelah 20 menit menunggu, tiba saatnya bagi Dreamland dan rombongan untuk masuk ke dalam pesawat Japan Airlines. Kami menempati tempat duduk yang sama seperti berangkat dan duduk dengan teman yang sama. Bedanya kali ini kami sudah saling mengenal, sehingga nuansa canggung tidak lagi terasa. Kami semua malah sibuk berfoto dan bercanda bersama. Pesawat pun akhirnya lepas landas dari Bandara Narita, Tokyo menuju Jakarta, Indonesia yang ditempuh selama 6 jam 50 menit.
Sepanjang perjalanan, Dreamland menghabiskan waktu dengan menonton TV, mendengarkan musik, tidur, makan, hingga meminta minuman berkali-kali. Dreamland pun 2 kali masuk ke toilet karena sakit perut dan tidak sempat BAB di hotel karena buru-buru tadi. Perjalanan yang sangat panjang dari Tokyo ke Jakarta ini pun terasa begitu singkat karena kami akan segera berpisah satu sama lain menuju kenyataan hidup kami masing-masing.
Tak terasa pesawat Japan Airlines pun mendarat dengan sempurna di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Kami pun segera turun dan alangkah terkejutnya kami melihat antrian imigrasi yang begitu padat. Buruknya sistem penanganan penumpang yang membludak di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah mendapat cap masuk Indonesia, Dreamland segera beranjak pergi ke tempat ambil bagasi. Banyak sekali porter bandara yang mencoba menawarkan jasanya di sini.
Setelah mendapat bagasi yang dimaksud, Dreamland bersalaman dengan semua peserta yang ditemui. Berharap kita dapat bertemu kembali dalam kesempatan lain yang diadakan oleh lembaga lain. Dreamland pun melewati screening bagasi, kemudian keluar menuju konter Primajasa agar tidak kemalaman sampai di Bandung. Sebelumnya Dreamland membeli burger dulu di KFC bandara yang harganya dinaikkan berkali lipat, yakni dari 5.500 menjadi 8.000 IDR. Wow!
Dreamland mengambil bus pukul 18.00, kemudian langsung naik dan terjebak macet berjam-jam dalam bandara selama 1 jam. Sesudah itu, perjalanan menuju Bandung ditempuh dengan cukup lancar, namun terhambat di beberapa titik. Akhirnya, Dreamland sampai di pool Primajasa Batununggal pada pukul 22.30 alias 4 jam 30 menit untuk mencapai Bandung dari bandara.
Dengan demikian, JENESYS 2.0 Trip berakhir sudah. Sedih rasanya harus mengakhiri semua keseruan dan kegembiraan yang ada di Jepang, tapi hidup harus terus berjalan dan Dreamland akan senantiasa hadir dalam perjalanan lainnya. Nantikan trip Dreamland selanjutnya hanya di Dreamland Traveller!

Tokyo, Jakarta, Bandung, 14 Oktober 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Jepang menggunakan mata uang Japanese Yen (JPY) sebagai mata uang yang sah.
- Nilai 1 JPY saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 115 IDR.
- Jepang mempunyai 4 musim yang berbeda setiap tahunnya, harap sesuaikan pakaian yang dibawa dengan musim yang ada.
- Setiap produk yang dibeli di Jepang dikenakan pajak konsumsi sebesar 8%.
- Hingga saat ini, WNI yang melakukan perjalanan ke Jepang harus mengajukan visa ke Kedutaan Jepang.
- Kota wisata yang terkenal di Jepang, antara lain Tokyo, Osaka, Kyoto, dan lain sebagainya.
- Transportasi yang unik di Jepang adalah shinkansen yang mempunyai kecepatan hingga 320 km/jam.
- Jepang terkenal sebagai negara yang mempunyai vending machine terbanyak di dunia dengan banyaknya variasi barang yang dijual.
- Perhatikan jenis sampah yang dibuang harus sesuai dengan kategori tong sampah yang diminta.
- Aktivitas yang bisa dilakukan di Jepang adalah onsen di pemandian umum, berjalan kaki di keramaian Tokyo, belanja di Daiso atau toko 100 Yen, dan berbagai macam aktivitas lainnya.
- Umumnya orang Jepang tidak bisa berbahasa Inggris, pastikan untuk mengetahui berbagai istilah dasar agar tidak kesulitan ketika bertanya.
- Orang Jepang adalah orang yang sangat ramah, suka menolong, dan perhatian terhadap turis asing.
- Patuhi aturan yang ada di Jepang agar kita bisa menikmati liburan di Jepang secara aman dan maksimal.
- Waktu di Jepang mempunyai perbedaan waktu 2 jam lebih cepat dibandingkan Jakarta (GMT + 9).

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.