Wednesday, November 26, 2014

Shopping Wajib ke Toko Pemerintah

Dreamland Traveller Moment


Shopping Wajib ke Toko Pemerintah
            Jika Anda mengikuti rangkaian acara tur  atau tidak bepergian ke suatu tempat secara independen, Anda pasti akan dibawa untuk berbelanja di toko pemerintah. Biasanya toko pemerintah ini ditandai dengan gedung yang megah, barang yang super komplit, staf yang bisa berbahasa sesuai negara asal turis, serta mampu mendemonstrasikan sesuatu secara memukau. Tapi harga barang yang dijual biasanya premium dan di atas harga yang seharusnya bisa kita dapatkan di toko biasa.
            Hal ini juga Dreamland alami tatkala mengikuti tur lokal yang dikelola pemerintah Krabi, Thailand. Sehabis mengikuti rangkaian acara ke Hot Spring, Emerald Pool, dan Tiger Cave Temple, kami langsung dibawa untuk shopping ke toko pemerintah. Memang jika dibandingkan toko pemerintah di Phuket, Bangkok, dan Pattaya, kondisi toko di Krabi sangat sepi karena pengunjungnya hanya rombongan tur saja dengan minivan.
            Barang yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari kaos, gantungan kunci, magnet, snack, makanan khas Thailand, dan berbagai oleh-oleh lainnya dijajakan di sini. Satu hal yang pasti adalah Thailand sangat piawai dalam mengarahkan uang turis untuk dibelanjakan di toko pemerintah, meskipun tanpa paksaan. Harga makanan yang dijual umumnya tidak dibuat terlalu mahal, sehingga kita mau membeli untuk kerabat di rumah. Satu hal lagi, supermarket pun sulit ditemukan, sehingga kita akan terdorong untuk membeli dari toko pemerintah ini.

            Penting rasanya hal ini diterapkan dalam dunia pariwisata Indonesia agar industri UKM bisa tumbuh dalam menyongsong perkembangan wisata di tanah air. Apalagi sebentar lagi era perdagangan bebas akan dimulai, tentu kita harus bisa menjual produk yang bernilai tinggi dengan cara yang jitu pada para turis untuk mendatangkan devisa bagi negara kita. Selamat berbenah dan mempersiapkan diri bagi Kementerian Pariwisata Indonesia dan bisa memetik ilmu dari dunia pariwisata Thailand yang boleh dikatakan lebih maju dibandingkan kita!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.