Friday, November 7, 2014

Look At The Sign!

Dreamland Traveller Moment


Look At The Sign!
            Berbicara tentang keamanan dan keselamatan selama berada di pantai, Australia boleh dikatakan sangat peduli terhadap masyarakatnya dengan memberikan simbol-simbol batas, di mana kita bisa berenang dan dilarang berenang saat berada di pantai. Hal ini terlihat saat Dreamland mengunjungi Wollongong bersama kerabat dalam Sydney Trip. Diharapkan tanda yang diberikan mampu memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk bersikap bijak, di mana tempat untuk berenang dan di mana tempat yang harus dihindari.
            Sayangnya, meskipun sudah ada tanda dan warna larangan tetap saja ada orang yang memancing di sela-sela bebatuan untuk mencari ikan. Padahal, sudah ada korban jiwa akibat perilaku nekad yang tidak memperhatikan aturan tersebut. Keselamatan pribadi menjadi tanggung jawab masing-masing individu tatkala papan peringatan dan berbagai rambu sudah diberikan, tetapi tetap dilanggar.
            Sama halnya dengan di Indonesia, kesadaran akan rambu larangan yang ada sangatlah rendah. Remaja umumnya sangat senang mendobrak aturan yang ada, sehingga menjadi ancaman keselamatan yang serius bagi diri mereka sendiri. Wajar rasanya jika akhirnya di berita selalu ditemukan korban jiwa yang meninggal akibat terbawa arus pantai yang deras di Pangandaran, Pelabuhan Ratu, dan berbagai pantai lainnya. Kepedulian pemerintah akan membuat rambu pun menjadi sia-sia akibat masyarakat sendiri tidak mau diatur dan suka semaunya sendiri.
            Sebuah pelajaran berharga dari Australia bahwa rambu dan larangan boleh saja dipasang di berbagai tempat, tapi tetaplah efektif atau tidaknya rambu-rambu yang dipasang pemerintah bergantung pada orang yang berada di tempat tersebut. Tapi yang jelas, pemerintah tidak akan bisa disalahkan jika terjadi korban jiwa akibat melanggar peraturan karena rambu-rambu dibuat bukan untuk dilanggar, melainkan untuk dipatuhi. Maka dari itu, look at the sign!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.