Wednesday, August 20, 2014

Korupsi Kecil ala Petugas Brunei

Dreamland Traveller Moment


Korupsi Kecil ala Petugas Brunei
            Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang dari perbatasan Miri – Brunei, akhirnya Dreamland tiba juga di Brunei. Sebelum keluar dari jalan tol, supir minivan harus membayar sejumlah uang sebagai tarif jalan tol di Brunei. Di papan petunjuk tertera harga 5 BND untuk tarif minivan. Rupanya supir minivan yang sudah berkali-kali bolak-balik perbatasan Miri – Brunei, dia sudah tahu trik untuk mengakali peraturan ini. 
            Dengan isyarat tertentu, supir minivan ini meminta agar petugas tol Brunei tidak perlu memberi karcis resmi dan hanya membayar 2 BND. Tanpa karcis resmi, maka uang 2 BND akan masuk ke kantong pribadi si petugas tol. Ironisnya, hal ini dibiarkan begitu saja oleh si petugas tol. Maklum Sultan Bolkiah mungkin sudah terlalu kaya, sehingga tidak terlalu memusingkan korupsi di jalan tol dan lain sebagainya. Mungkin itu yang menjadi pemikiran petugas tol tersebut.
            Korupsi rupanya bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di negara tetangga, seperti Brunei yang sudah kaya raya. 5 BND mungkin uang kecil untuk negara maju seperti Brunei, tapi jika kebocoran itu dibiarkan terjadi, maka bukan tidak mungkin negara semaju Brunei juga bisa kolaps karena ulah para PNS yang bekerja didalamnya. Penting rasanya menanamkan etos kerja dan kejujuran agar negara kita bisa maju dan tidak “menyunat” uang negara untuk kepentingan pribadi.
            Wajar rasanya jika pemakaian teknologi secara online sangat dibutuhkan dewasa ini agar transaksi yang terjadi tidak lagi secara tatap muka yang berpotensi menimbulkan kecurangan, melainkan mampu meminimalisir potensi korupsi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga saja Brunei dan Indonesia bisa menerapkan teknologi online untuk transaksi agar uang sekecil apapun bisa diselamatkan masuk ke kas negara.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.