Tuesday, August 26, 2014

Caution! Liar Everywhere

Dreamland Traveller Moment


Caution! Liar Everywhere
            Sebagai seorang traveler awam yang baru pertama kali berwisata ke suatu tempat, seringkali kita dihadapkan pada kejadian yang tidak terduga. Bertanya seringkali menjadi solusi kita dalam memecahkan berbagai teka-teki dan pertanyaan yang muncul di kepala kita. Tapi bertanya pada orang yang tidak tepat, rupanya bisa juga menjadi bumerang bagi diri kita sendiri dalam mengeksplorasi suatu tempat wisata baru.
            Hal ini Dreamland alami tatkala berwisata ke Brunei. Sebagai salah satu negara maju dengan standar hidup yang tinggi, tentu Dreamland ditantang untuk memilih akomodasi yang tepat guna menghemat pengeluaran selama berada di Brunei. Hal ini Dreamland lakukan dengan memutuskan untuk menginap di asrama Pusat Belia. Dreamland sudah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai akomodasi ini dan melihat ulasan yang diterima pun cukup bagus.
            Tatkala hari H, Dreamland pun naik minivan menuju Brunei. Sesampainya di Brunei, supir minivan selalu menolak saat diminta mengantar Dreamland ke Pusat Belia. Dia mengatakan banyak turis mancanegara yang diantarnya juga memintanya ke Pusat Belia, tapi gedung Pusat Belia sendiri sudah tutup, katanya. Dia bersikeras akan mengantar Dreamland ke penginapan termurah lainnya, yakni K. H. Soon Service dan Resthouse.
            Awalnya, Dreamland sempat bingung apakah harus mempercayai informasi dari internet atau supir minivan ini. Apalagi catatan perjalanan Brunei boleh dikatakan salah satu catatan perjalanan paling minim dibandingkan dengan catatan perjalanan negara lainnya yang pernah dibuat oleh traveler manapun di seluruh dunia. Setelah membayar tarif minivan, penumpang minivan asal Jepang langsung berjalan menuju Pusat Belia tanpa mempercayai ucapan supir minivan.
            Dreamland pun mengambil risiko untuk pergi ke Pusat Belia mengingat tarif K. H. Soon Service dan Resthouse sendiri tidaklah murah, yakni 35 BND untuk 1 orang! Dreamland berjalan membawa koper menuju asrama Pusat Belia dan mendapati bahwa Pusat Belia tidak TUTUP dan masih beroperasi hingga saat ini. Dreamland hanya perlu membayar 10 BND per orang per malam dan diberi kunci. Kamarnya berAC dan cukup nyaman.
            Kejadian ini tentu menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak percaya pada orang yang “terlihat” baik dan mau membantu. Bisa jadi dia sedang menjalankan strategi dan taktik tertentu untuk menipu para turis yang baru pertama kali datang ke tempat yang baru. Pastikan untuk selalu mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang suatu tempat agar celah kita untuk tertipu semakin sempit dan tidak dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.
            Semoga saja kejadian ini tidak terulang dan kita senantiasa bertemu orang baik di setiap tempat yang kita kunjungi. Pastikan untuk tetap waspada karena pembohong berkeliaran di mana saja tanpa kita duga!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.