Caution! Liar Everywhere
Sebagai
seorang traveler awam yang baru
pertama kali berwisata ke suatu tempat, seringkali kita dihadapkan pada
kejadian yang tidak terduga. Bertanya seringkali menjadi solusi kita dalam
memecahkan berbagai teka-teki dan pertanyaan yang muncul di kepala kita. Tapi
bertanya pada orang yang tidak tepat, rupanya bisa juga menjadi bumerang bagi
diri kita sendiri dalam mengeksplorasi suatu tempat wisata baru.
Hal
ini Dreamland alami tatkala berwisata ke Brunei. Sebagai salah satu negara maju
dengan standar hidup yang tinggi, tentu Dreamland ditantang untuk memilih
akomodasi yang tepat guna menghemat pengeluaran selama berada di Brunei. Hal
ini Dreamland lakukan dengan memutuskan untuk menginap di asrama Pusat Belia.
Dreamland sudah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai akomodasi ini dan
melihat ulasan yang diterima pun cukup bagus.
Tatkala
hari H, Dreamland pun naik minivan menuju Brunei. Sesampainya di Brunei, supir
minivan selalu menolak saat diminta mengantar Dreamland ke Pusat Belia. Dia
mengatakan banyak turis mancanegara yang diantarnya juga memintanya ke Pusat
Belia, tapi gedung Pusat Belia sendiri sudah tutup, katanya. Dia bersikeras
akan mengantar Dreamland ke penginapan termurah lainnya, yakni K. H. Soon
Service dan Resthouse.
Awalnya,
Dreamland sempat bingung apakah harus mempercayai informasi dari internet atau
supir minivan ini. Apalagi catatan perjalanan Brunei boleh dikatakan salah satu
catatan perjalanan paling minim dibandingkan dengan catatan perjalanan negara
lainnya yang pernah dibuat oleh traveler manapun di seluruh dunia. Setelah
membayar tarif minivan, penumpang minivan asal Jepang langsung berjalan menuju
Pusat Belia tanpa mempercayai ucapan supir minivan.
Dreamland
pun mengambil risiko untuk pergi ke Pusat Belia mengingat tarif K. H. Soon
Service dan Resthouse sendiri tidaklah murah, yakni 35 BND untuk 1 orang!
Dreamland berjalan membawa koper menuju asrama Pusat Belia dan mendapati bahwa
Pusat Belia tidak TUTUP dan masih beroperasi hingga saat ini. Dreamland hanya
perlu membayar 10 BND per orang per malam dan diberi kunci. Kamarnya berAC dan
cukup nyaman.
Kejadian
ini tentu menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak percaya pada orang yang
“terlihat” baik dan mau membantu. Bisa jadi dia sedang menjalankan strategi dan
taktik tertentu untuk menipu para turis yang baru pertama kali datang ke tempat
yang baru. Pastikan untuk selalu mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang
suatu tempat agar celah kita untuk tertipu semakin sempit dan tidak
dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.
Semoga
saja kejadian ini tidak terulang dan kita senantiasa bertemu orang baik di
setiap tempat yang kita kunjungi. Pastikan untuk tetap waspada karena pembohong
berkeliaran di mana saja tanpa kita duga!
~
oOo ~
No comments:
Post a Comment
Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.