Sunday, August 3, 2014

Duduk Sama Rendah, Berdiri Sama Tinggi

Dreamland Traveller Moment


Duduk Sama Rendah, Berdiri Sama Tinggi
            Salah satu fenomena yang khas ditemui di Vietnam adalah banyaknya pekerja kantoran, pelajar, dan masyarakat yang duduk di kursi anak-anak tatkala makan di salah satu warung jalanan. Dengan santai, mereka menghabiskan makanan mereka di kursi anak playgroup, sambil bercanda satu sama lain. Mejanya pun pendek, sehingga tampak lucu dan aneh bagi turis yang baru pertama kali melihatnya.
            Sebagai salah satu negara komunis, Vietnam rupanya menerapkan juga filosofi tersebut kepada meja dan kursi yang digunakan. Kalau Dreamland simpulkan bahwa ideologi komunis mengandung unsur duduk sama rendah, berdiri sama tinggi menunjukkan bahwa harus ada kesetaraan antar kehidupan masyarakat di Vietnam. Kursi yang rendah berarti sebagai rakyat harus duduk di bawah pada posisi yang sama rata.
            Tatkala kita makan di warung, kita akan duduk di kursi jojodok atau kursi anak TK. Agak aneh memang awalnya, namun pengalaman yang unik karena hanya bisa dirasakan di Vietnam saja. Tapi menarik juga konsepnya bahwa setiap rakyat harus diperlakukan sama dan setara oleh pemerintah dan di mata hukum. Tidak ada yang boleh membeda-bedakan karena kekayaan, status sosial, ataupun hal lainnya.
            Semoga saja konsep ini dimaknai juga di Indonesia bahwa setiap orang berhak atas kesempatan yang sama dalam hal pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan lewat memaknai filosofi kursi dan meja pendek ini.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.