Friday, August 22, 2014

Murahnya Harga BBM di Brunei

Dreamland Traveller Moment


Murahnya Harga BBM di Brunei
            Jika Indonesia masih dipusingkan dengan tarif BBM subsidi yang membebani APBN negara, Brunei justru mempunyai kondisi yang berbanding terbalik dengan Indonesia. Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan penghasil minyak bumi terbesar di dunia, Brunei mempunyai cadangan minyak bumi yang melimpah. Hal ini membuat 1 liter harga BBM bisa lebih murah dibandingkan dengan harga 1 liter air mineral. 
Tatkala Dreamland memasuki negara Brunei, supir minivan hendak mengisi bensin di Stesen Minyak SPPMB, Gadong. Dia mengatakan BBM di Brunei sangat murah dan awet ketika digunakan. Dreamland pun menunggu dan melihat bahwa tarif BBM di Brunei ini memang sangat murah, yakni 0,310 BND saja untuk 1 liter! Jika dikalkulasi, maka harga 1 liter bensin setara dengan 2.500 - 3.000 IDR saja! 
Tak heran rasanya jika banyak warga Malaysia yang tinggal dekat dengan Brunei, sengaja jalan-jalan ke Brunei sekalian untuk mengisi BBM. Selain harganya murah, BBM Brunei ini juga 100% tanpa oplosan apapun, sehingga awet ketika digunakan. Kata supir minivan, berbeda dengan BBM di Malaysia yang cepat habis dan mempunyai campuran dengan senyawa lain. Selain itu, harga BBM Malaysia juga sama dengan harga BBM dunia karena tidak ada subsidi dari pemerintah.
Menarik rasanya berada di negara yang kaya akan sumber minyak bumi ini. Tak heran rasanya jika banyak warga Brunei tidak khawatir akan mobil mereka karena BBM yang tersedia sangat murah dan terjangkau. Semoga saja kilang minyak di Indonesia bisa dioptimalkan dan diolah secara mandiri oleh negara kita sendiri agar kita bisa menyusul Brunei dalam hal tarif BBM. Semoga!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.