Thursday, August 28, 2014

Nasi Katok dari Teman Senegara

Dreamland Traveller Moment


Nasi Katok dari Teman Senegara
            Jauh dari kampung halaman terkadang membuat rasa nasionalisme kita bangkit. Kita tak lagi memandang sesuatu secara picik dan sempit, melainkan mampu melihat suatu hal secara rasional. Hal inilah yang Dreamland lihat dari para penduduk Indonesia yang ada di Brunei. Tatkala Dreamland sedang berjalan-jalan mengeksplorasi kota Bandar Seri Begawan, Dreamland bertemu dengan orang Indonesia di Terminal Bus Brunei Darussalam.
            Namanya Taufik dari Malang. Awalnya Dreamland hanya bertanya bus jurusan mana yang harus Dreamland ambil untuk menuju ke Brunei International Airport saat pulang nanti. Dengan sabar, ia membantu Dreamland mencari informasi. Saat Dreamland tanya darimana asal Taufik ini, dia menjawab berasal dari Malang. Bertemu rekan sebangsa di negara tetangga tentu menjadi sebuah momen tersendiri bagi Dreamland karena mereka pasti membantu dengan sepenuh hati.
            Taufik pun bercerita tentang kegiatannya di Brunei. Dia menjalankan aktivitas jual beli mobil dari Brunei ke Indonesia, serta mendekorasi pernikahan orang Brunei di Bandar Seri Begawan ini. Tanpa diduga, dia pun pamit sebentar ke Dreamland dan membelikan Dreamland nasi katok dan minuman. Bayangkan kita baru bertemu kurang dari 30 menit, Taufik sudah mentraktir dan menjamu Dreamland. Itulah kekentalan budaya Indonesia yang sangat senang bertemu sesama orang Indonesia di luar negeri.
            Sambil bercerita, Dreamland pun memakan nasi katok yang dibelikan Taufik. Terlihat bahwa Taufik sangat senang bisa bercerita dengan orang Indonesia mengingat ia sendiri perantau di Brunei ini. Sungguh momen yang sangat hangat dan bersahabat karena kami bisa bertukar pikiran walaupun hanya dalam 1 jam pertemuan saja.
            Setelah selesai, Dreamland pun berpamitan pada Taufik. Taufik sendiri masih menunggu temannya di terminal bus Brunei Darussalam. Semoga saja rasa keterikatan antar orang Indonesia itu juga terjadi di Indonesia yang saat ini sudah semakin luntur oleh kekhawatiran akan perbedaan SARA dan status sosial. Percayalah tatkala kita berada jauh dari Indonesia, maka orang Indonesia lainnya akan dengan senang hati membantu kita di negeri nun jauh. Hal tersebut sudah Dreamland alami berkali-kali di Hong Kong, Malaysia, dan kini di Brunei!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.