Saturday, August 30, 2014

Banyaknya Orang Jawa di Brunei

Dreamland Traveller Moment


Banyaknya Orang Jawa di Brunei
            Tatkala Dreamland berwisata di Yayasan Shopping Mall, Dreamland mendengar ada bahasa yang sangat familiar terdengar di telinga. Tatkala Dreamland mendekati kolam tengah Yayasan Shopping Mall rupanya banyak sekali orang Jawa yang sedang berkumpul di sini. Dreamland pun bertanya dari mana asal mas-mas yang ada di sini. Ada yang menjawab dari Klaten, Wonogiri, Purwokerto, dan lain sebagainya. 
            Tak ketinggalan ada penjual kios makanan khas Jawa yang berasal dari Pekalongan. Dia menjual kudapan khas Jawa, mulai dari nasi katok sampai baso Jawa. Para pembelinya pun rupanya sama-sama orang Indonesia. Sehabis bekerja, mereka nongkrong dan berbicara satu sama lain di kolam tengah Yayasan Shopping Mall ini. Dengan Bahasa Jawa yang kental, mereka berbicara, bercanda, dan curhat tentang kegiatan kerja mereka selama di Brunei.
            Wajar rasanya jika banyak orang Indonesia yang terlihat di Brunei karena hampir 30% penduduk Brunei didominasi oleh TKI asal Indonesia. Mereka mengatakan bekerja di Brunei jauh lebih mudah dan bisa digunakan untuk memberi tabungan pada keluarga di kampung halaman. Tak hanya itu, Brunei juga menjamin pekerja di sini agar kehidupannya layak dan berkecukupan. Hal ini juga yang membuat banyak TKI Indonesia betah dan tidak mau pulang lagi ke Indonesia.
            Unik rasanya melihat banyak orang Jawa yang saling bercakap-cakap dengan santai di Yayasan Shopping Mall yang mengingatkan Dreamland serasa masih berada di Indonesia, meskipun letaknya di Brunei.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.