Saturday, August 9, 2014

Safety is Number One

Dreamland Traveller Moment


Safety is Number One
            Sebagai salah satu wisata alam yang ada di Sarawak, Bako National Park ini boleh dikatakan kalah jauh dibandingkan dengan berbagai wisata alam yang ada di Indonesia. Keunikan yang dimiliki Bako National Park terletak pada bebatuan yang menyerupai bentuk sesuatu, entah itu ekor hiu, kura-kura, dan lain sebagainya sesuai imajinasi masing-masing. Pulau yang terletak cukup jauh dari Kuching ini juga menawarkan eksplorasi hutan dan pantai yang cukup bagus.
            Hanya saja, Bako National Park mempunyai sistem pengelolaan dan keselamatan yang sangat baik bagi para turis. Ketika Dreamland datang ke Bako National Park dengan perahu, Dreamland diminta untuk datang ke resepsionis untuk mendaftarkan diri dalam menjelajahi trek yang diinginkan. Setelah itu, Dreamland mendapat peta untuk panduan jalan menuju tempat tersebut. Pendataan ini penting agar tim penyelamat bisa menemukan kita tatkala tersesat atau hilang di suatu tempat.
            Tak hanya itu, Bako National Park juga dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah dengan pembangunan jalan setapak yang diberi pijakan kayu, sehingga tidak licin dan menjamin keselamatan kita. Memang hal ini membuat sensasi petualangannya menjadi berkurang, tapi Dreamland salut bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas setiap wisata alam yang ada di Malaysia.
            Berbeda dengan Indonesia yang mempunyai banyak wisata alam eksotis, kerapkali tidak didukung dengan infrastruktur yang baik. Alhasil banyak kejadian, di mana turis meninggal akibat jatuh dari jurang, menghirup gas beracun, sampai terkena gigitan binatang buas. Sayang rasanya jika potensi yang dimiliki justru membawa korban jiwa karena pemerintah malas mengelola semuanya menjadi aman bagi turis.
            Kita boleh berbangga hati mengatakan Indonesia itu tidak kurang banyak puluhan ribu pulau dan tidak habis dikunjungi selama hidup. Tapi jika semua pulau itu dihuni reptil berbahaya dan medan yang curam, juga kan tidak menjadi wisata yang menyenangkan. Belum lagi alam Indonesia yang masih sangat liar karena belum dikelola dengan baik ini membuat banyak sekali potensi bahaya bagi turis yang berkunjung.
            Keselamatan tentu harus menjadi prioritas utama bagi kita untuk melakukan segala sesuatu. Tidak lucu rasanya jika kita sedang mendaki gunung A, menyusuri lembah B, atau masuk ke gua C, lalu pulang-pulang tinggal membawa nama karena sebab yang bersifat teknis. Pemerintah Indonesia harus memberikan jaminan bagi turis atau peringatan jika suatu lokasi tidak boleh dimasuki orang karena berbahaya.
            Semoga saja wisata alam di Indonesia bisa dikelola sedemikian rupa, sehingga turis lokal dan internasional bisa tenang menjelajahi semua kekayaan alam Indonesia tanpa harus takut nyawa melayang.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.