Saturday, August 2, 2014

Unjuk Kemampuan di Taman

Dreamland Traveller Moment


Unjuk Kemampuan di Taman
            Lagi-lagi soal taman. Kali ini, Dreamland akan membahas tentang taman yang ada di dekat kawasan Pham Ngu Lao dan Ben Thanh Market. Tatkala malam sudah tiba, taman biasanya ditinggalkan orang karena menjadi tempat yang seram dan angker di Indonesia. Berbeda dengan di Saigon, taman justru semakin semarak dan hidup karena adanya berbagai aktivitas yang dilakukan di taman.
            Di salah satu sudut taman, ada sekelompok orang yang sedang asyik berdansa satu sama lain. Instruktur dansa memperagakan gerakan-gerakan dansa yang harus dilakukan dan semua orang asyik berdendang dengan alunan musik yang diperdengarkan. Ada lagi komunitas pencak silat yang sedang berlatih. Dengan gerakan-gerakan yang mantap, mereka bergerak sesuai tahap-tahap yang diperagakan pelatih mereka. Sebagai masyarakat awam, banyak warga yang duduk melihat aksi mereka di taman.
            Tak ketinggalan ada konser musik yang dilakukan dalam memperingati hari besar di Vietnam. Pokoknya fungsi taman menjadi ruang publik yang tidak hanya pasif, tetapi juga aktif untuk unjuk kemampuan di hadapan masyarakat. Taman kota di Saigon pada malam hari justru semakin semarak, meriah, dan menyenangkan karena kita disajikan berbagai pertunjukan gratis dan menghibur. 
            Semoga saja taman kota di Indonesia bisa menjadi panggung unjuk kemampuan bagi kesenian tradisional yang ada di tanah air ya!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.