Saturday, August 29, 2015

Tips ‘n Trick Wisata di Jepang (Part 2)

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Jepang (Part 2)
            Mengingat Dreamland sudah pernah menginjakkan kaki di Jepang pada JENESYS 2.0 Trip pada Oktober 2014 lalu, maka Dreamland akan memberikan tips tambahan yang didapatkan selama Japan Trip pada 9 – 22 Juli 2015 ini berlangsung. Semoga tips yang diberikan dapat membuat liburan Anda di Jepang menjadi efektif dan efisien dengan kepuasan yang maksimal, namun tetap ramah di kantong.

1. Belilah JR Pass saat berwisata ke Jepang. Japan Rail Pass ini sangat amat bermanfaat dalam mobilitas kita selama berada di Jepang. Kita bisa menaiki beraneka macam moda transportasi dengan JR Pass, mulai dari Shinkansen, kereta biasa, Limited Express, kereta malam, bus, bahkan ferry yang berada dalam naungan perusahaan JR. Tentu memiliki JR Pass akan menghemat pengeluaran dari sektor transportasi secara maksimal, apalagi jika kita sering berpindah kota dengan Shinkansen. Hanya saja JR Pass hanya dapat dibeli di luar Jepang dengan harga paling murah 29.110 JPY untuk 7 hari dengan kelas ordinary. Hanya saja, penggunaan 7 hari ini harus dilakukan secara berturut-turut tanpa jeda, jadi buatlah itinerary yang bisa membuat pemakaian JR Pass menjadi maksimal.

2. Beberapa kota wisata, seperti Kyoto dan Nara tidak mempunyai stasiun kereta yang baik untuk pergi ke tempat wisata. Membeli One Day Bus Pass adalah cara yang cerdas untuk menekan biaya transportasi selama berada di 2 kota wisata sejarah ini. Kita bisa naik bus sepuasnya tanpa perlu membayar ngeteng yang jauh lebih mahal, yakni 230 JPY per sekali naik di Kyoto. Kita pun bisa selamat dari jalan kaki yang jauh karena jarak antar tempat wisata rata-rata relatif jauh dan melelahkan.
3. Jika kita berencana untuk mengeksplorasi sebuah kota selama 1 hari penuh tanpa menginap di kota tersebut, menitipkan koper adalah cara termudah agar mobilitas kita selama berwisata tidak terganggu dengan aktivitas bawa-bawa koper. Tarif penitipan berkisar antara 300 – 700 JPY tergantung ukuran koper yang berlaku sampai jam operasional stasiun kereta berakhir. Ikuti navigasi atau petunjuk penitipan koper yang ada agar barang kita dapat disimpan dengan aman dan nyaman.

4. Belilah tiket taman bermain, seperti Tokyo Disneyland, Tokyo Disneysea, dan Universal Studios Japan di Indonesia agar kita bisa menghemat pemakaian JPY untuk keperluan lain, serta kita tahu anggaran yang disiapkan sebelum berangkat ke Jepang mengingat pembayaran di Indonesia seluruhnya sudah menggunakan IDR. Selain itu, membeli tiket taman bermain di Indonesia juga menghindarkan kita dari antrian panjang yang melelahkan dari turis lokal Jepang sendiri yang gemar akan theme park.
5. Budayakan antri saat membeli sesuatu, naik Shinkansen, dan naik kereta biasa. Dengan begitu, orang Jepang akan menghormati kita dan kita tidak terlihat seperti turis kebingungan yang tidak tahu aturan. Tak hanya itu, biasakan mengucapkan Arigatao Gozaimasu sesudah dibantu atau Sumimasen jika ingin lewat daerah yang padat demi alasan kesopanan dan etika.

6. Semua barang di Jepang dikenakan pajak sebesar 8%, jadi pastikan untuk melihat harga sesudah dikenakan pajak jika ingin membeli agar tidak dirasa kemahalan atau salah beli.

7. Makanan hemat dan murah meriah dapat ditemukan di seluruh Jepang dengan gerai Yoshinoya, Matsuya, dan lain sebagainya dengan kisaran harga 400– 600 JPY sekali makan.
8. Jepang mempunyai banyak sekali kuil atau istana dengan tarif masuk. Pilihlah satu atau beberapa yang terbaik karena memasuki semua kuil yang rata-rata sama akan menghabiskan anggaran wisata kita selama di Jepang. Apalagi beberapa kuil bisa mematok tarif sampai 1.000 JPY untuk 1 orang sekali masuk.

9. Mengingat Dreamland melakukan perjalanan di musim panas, pastikan untuk membawa topi, payung, dan sunblock mengingat panas matahari yang sangat menyengat. Jangan lupa untuk minum banyak air putih dari keran dan mengoleskan krim tabir surya agar kulit tidak menjadi gosong.

10. Waktu adalah uang. Maka dari itu, rencanakan perjalanan Anda selama di Jepang dengan bijak tanpa pengulangan rute karena harga waktu Anda dinilai dari mahalnya akomodasi dan konsumsi yang harus dikeluarkan selama di Jepang jika disia-siakan setiap harinya. Upayakan untuk membuat perencanaan secara matang agar sesampainya di Jepang tidak kebingungan dan bisa memilih segala sesuatu secara cermat.
            Semoga tips yang Dreamland berikan bisa membantu Anda untuk menikmati perjalanan di Jepang secara lebih maksimal dan terarah. Selamat bersenang-senang dan bergembira menikmati keindahan alam dan budaya di Jepang!

Japan Trip, 9 – 22 July 2015

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.