Sunday, August 2, 2015

Day 4 : Peaceful Hiroshima and Exotic Miyajima

Dreamland Traveller


Day 4 : Peaceful Hiroshima and Exotic Miyajima
            Tak terasa pagi tiba dengan cepat di Kyoto. Tiba saatnya bagi Dreamland untuk bersiap-siap pergi ke kota berikutnya, yakni Hiroshima. Pagi ini, mama menyiapkan sarapan sederhana bagi kami semua, yakni roti tawar dengan selai dan secangkir kopi. Meskipun sederhana, tapi pelayanan yang ramah dan sarapan ini lumayan untuk mengganjal perut Dreamland yang keroncongan. Sehabis sarapan, Dreamland bersiap-siap dan berpamitan untuk pulang. Tak lupa kami berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Dreamland dan keluarga pun mendapat lambaian tangan saat beranjak pulang dari Kyoto Guesthouse Compass ini.
            Dreamland segera beranjak menuju halte bus terdekat untuk menuju Kyoto Station. Setelah menunggu selama 7 menit, akhirnya bus tiba. Dreamland pun masuk dan berdiri hingga Kyoto Station yang menjadi perhentian akhir bus ini. Tarif yang harus Dreamland bayarkan adalah sebesar 230 JPY. Berhubung kali ini Dreamland akan melakukan perjalanan antarkota yang cukup jauh, maka JR Pass yang sudah dibeli di Indonesia akan digunakan mulai hari ini.
            Dreamland pun masuk ke konter JR yang ada di sisi sebelah kiri gedung Kyoto Station, kemudian mengantri di jalur Exchange JR Pass yang ada. Rupanya selain Dreamland banyak juga bule yang memanfaatkan fasilitas sebagai orang asing dengan membeli JR Pass. Ya, JR Pass memang memberikan keuntungan maksimal untuk menaiki Shinkansen sepuasnya dengan kereta lokal JR yang berpartisipasi. Keuntungan JR Pass akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.
            Setelah menukarkan JR Pass dan mendapatkan kartu biru bertuliskan Japan Rail Pass, Dreamland segera masuk ke Shinkansen Station untuk pergi ke Shin-Osaka terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa naik Shinkansen menuju Hiroshima. Dreamland pun masuk ke halte yang tertera di layar, kemudian duduk di Non Reserved Seat yang ada. Ingat, ordinary JR Pass hanya mendapat tempat di non reserved, sehingga pastikan antri secepat mungkin agar dapat tempat duduk yang nyaman dan strategis, yakni dekat jendela.
            Setelah waktu yang ditentukan tiba, Shinkansen pun berangkat on time tanpa kurang atau lebih 1 menit pun. Sangat amat on time. Fenomena on time Shinkansen ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Perjalanan Kyoto menuju Shin-Osaka rupanya sangat singkat dan tidak terasa. Dreamland pun turun dan berganti Shinkansen yang menuju ke Hiroshima. Dreamland pun melihat ada mobil yang dipamerkan di tengah-tengah stasiun Shinkansen Shin-Osaka. Setelah waktu yang ditentukan tiba, Dreamland pun masuk ke Shinkansen dan duduk manis hingga tiba di Hiroshima Station.
            Setelah perjalanan selama 1 jam 20 menit, Dreamland pun tiba di Hiroshima Station. Dreamland segera keluar dan berjalan menuju ke Hotel Century21 Hiroshima yang letaknya sangat dekat dengan stasiun. Setibanya di hotel setelah melewati jalan bawah tanah, Dreamland melakukan check-in dan menitipkan barang bawaan karena pukul 15.00 yang merupakan jam check-in belum tiba. Dengan sigap, petugas hotel langsung menyimpan barang bawaan Dreamland dengan baik.
            Dreamland pun meneruskan perjalanan kembali ke Hiroshima Station untuk menuju Miyajima. Sebelumnya Dreamland memesan terlebih dahulu tiket kereta malam dari Aomori menuju Sapporo di kantor JR yang ada di Hiroshima Station. Kemudian Dreamland makan udon dengan posisi berdiri dan membeli di mesin yang ada. Rasanya cukup ok dan pengalaman yang unik bagi Dreamland. Tempat makan berdiri ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.
            Dreamland pun naik kereta lokal menuju Miyajima. Perjalanan menuju Miyajima ini memakan waktu 1 jam. Sesampainya di Miyajima, Dreamland mengikuti petunjuk arah menuju ferry JR ke Miyajima. Dreamland pun mengantri untuk naik ferry menuju pulau Miyajima ini. Sesampainya di Miyajima, begitu banyak rusa liar yang berkeliaran dan sangat tertarik dengan makanan yang dibawa turis. Tak heran jika beberapa turis dikejar-kejar rusa karena membawa makanan yang menarik minat mereka.
            Dreamland berjalan menuju ke Itsukushima Shrine yang menjadi ikon Miyajima. Sebelum mencapai lokasi tersebut, Dreamland melewati toko-toko cinderamata untuk turis. Kebanyakan pengunjung Miyajima ini adalah turis lokal asal Jepang, sehingga jarang ditemukan bule di sini. Pemandangan Miyajima memang sangat indah dan tenang karena dikelilingi lautan lepas yang teduh. Setelah berfoto dengan gerbang O-torii, Dreamland melanjutkan perjalanan ke tempat lain di Miyajima.
            Tiket masuk ke Itsukushima Shrine ini adalah 300 JPY. Dreamland sendiri tidak masuk dan memilih mengelilingi monumen dengan berjalan kaki di sisi luar. Dreamland hanya berjalan-jalan dan melihat-lihat berbagai hal yang ada di Miyajima sebelum akhirnya kembali ke pelabuhan feri. Hal unik yang ada di Miyajima adalah terdapat jasa penyewaan kostum khas ninja atau samurai yang dapat kita kenakan untuk difoto. Tak ketinggalan rusa-rusa yang bebas berkeliaran di manapun.
            Dreamland menaiki feri dan kembali ke Hiroshima Station. Sesampainya di Hiroshima Station, Dreamland menggunakan bus keliling turis yang gratis dengan JR Pass untuk menuju ke Atomic Bomb Dome. Setelah berhenti di beberapa halte, Dreamland pun turun di monumen gedung yang menjadi ikon Hiroshima. Atomic Bomb Dome ini terletak di Peace Memorial Park yang tenang dan dipisahkan oleh sungai. Takjub rasanya melihat bangunan yang tinggal bersisa kerangkanya saja akibat bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat.
            Setelah itu, Dreamland berjalan menuju ke Hiroshima Castle yang sudah dibangun ulang. Dreamland harus berjalan sejauh 2 km untuk menuju Hiroshima Castle dari Atomic Bomb Dome. Dreamland melewati taman, tempat renang, dan jalan raya sebelum akhirnya tiba di pintu gerbang Hiroshima Castle. Rupanya jarak pintu gerbang dan Hiroshima Castle masih sekitar 1 km lagi. Dreamland harus masuk melewati pepohonan, tempat sembahyang, dan menaiki tangga sebelum akhirnya sampai di Hiroshima Castle. Harga tiket masuk Hiroshima Castle 370 JPY untuk dewasa, tapi karena sudah sore jadilah sudah tutup.
            Dreamland hanya berfoto sejenak sebelum akhirnya berjalan kembali ke sisi lain untuk menuju keluar Hiroshima Castle. Dreamland berjalan berputar-putar dengan jarak yang sangat jauh untuk kembali menuju ke Hotel Century21 Hiroshima. Dreamland melewati taman, perumahan, sekolah, museum, dan akhirnya jembatan. Akhirnya setelah 1 jam berjalan mencari jalan pulang, Dreamland tiba juga di jalan besar menuju hotel. Dreamland singgah di FamilyMart terlebih dahulu untuk membeli sejumlah makanan sebelum akhirnya check-in ke hotel.
            Dreamland pun masuk ke hotel, mengambil kunci kamar, dan akhirnya menempati kamar triple yang sudah dipesan. Kamarnya sangat luas, kondisinya bagus, dan fasilitasnya lengkap. Jujur saja dengan harga 5.760 JPY, ini adalah hotel terbaik yang Dreamland tempati selama di Jepang dengan harga yang sangat amat terjangkau. Dreamland pun mandi, beristirahat, dan akhirnya kembali ke luar untuk mencari makan malam. Dreamland memilih tempat makan yang ada di sebelah hotel Dreamland.
            Rupanya tempat makan ini mengharuskan Dreamland membeli makanan di mesin yang tersedia. Sayangnya pelayanan restoran ini sangat buruk dengan tata krama yang tidak baik. Alhasil kesan Dreamland pun jadi jelek dan kapok makan di sini lagi meskipun makanannya cukup enak. Setelah makan, Dreamland berjalan ke Hiroshima Station untuk menguruskan perut sehabis makan. Dreamland melihat ada insiden kecelakaan di sini dan ada beberapa polisi yang melakukan olah TKP. Profesionalitas polisi Jepang dalam menangani kecelakaan akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.
            Sehabis melihat insiden kecelakaan yang ditandai adanya orang dengan kepala terluka, Dreamland beranjak menuju supermarket yang terletak di lantai dasar Hiroshima Station. Dreamland membeli sejumlah makanan sebelum akhirnya kembali ke hotel. Rupanya polisi yang tadi masih belum juga pulang dan melakukan sejumlah pencatatan di TKP. Setibanya di hotel setelah berjalan dari jalan bawah tanah, Dreamland meminjam fasilitas Wi-Fi dan menonton film. Rupanya saat ini ada pertandingan Roger Federer dan Djocovic yang sangat seru di final.
            Setelah menonton selama 1,5 jam, Dreamland memutuskan untuk tidur karena esok hari akan melakukan perjalanan ke Nagasaki. Senang sekali rasanya bisa menjelajahi kota yang pernah dijatuhi bom atom ini dan melihat eksotisme Miyajima secara nyata!

Kyoto, Hiroshima, Miyajima, 12 Juli 2015

Dreamland Traveller

Catatan:
- Jepang menggunakan Japanese Yen (JPY) sebagai mata uang yang sah.
- Nilai 1 JPY saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 110 IDR.
- Transportasi di Jepang dikenal sangat mahal dan sangat disarankan untuk membeli JR Pass jika bepergian antarkota selama berada di Jepang.
- Harga JR Pass 7 hari kategori Ordinary adalah 29.110 JPY dan harus dibeli di luar Jepang pada agen HIS.
- JR Pass memungkinkan kita untuk menaiki semua Shinkansen, kereta JR, feri JR, dan bus JR yang berafiliasi, kecuali Shinkansen Nozomi.
- Pemakaian JR Pass harus 7 hari berturut-turut, pastikan untuk merencanakan pemakaian JR Pass secara efektif dan efisien agar tidak rugi.
- Berbagai tempat wisata menarik di Jepang dapat ditempuh dengan transportasi umum.
- Kota wisata sejarah di Jepang adalah Kyoto, Nara, dan Kobe.
- Kota wisata alam di Jepang adalah Hokkaido, Kyushu Island, dan Gunung Fuji.
- Kota wisata kota dan theme park di Jepang adalah Tokyo dan Osaka.
- Kota wisata onsen di Jepang adalah Akita, Sapporo, Sendai, dan Aomori.
- Jepang terkenal on time dan sangat patuh terhadap aturan. Pastikan untuk menaati setiap aturan yang ada dengan baik agar wisata kita berjalan dengan lancar.
- Setiap barang di Jepang dikenakan pajak 8% jadi pastikan membaca harga yang tertera dengan jeli.
- Terdapat loker hampir di setiap stasiun kereta yang ada di seluruh Jepang dengan harga mulai dari 300 – 700 JPY tergantung ukuran loker yang disewa untuk memudahkan mobilitas saat jalan-jalan atau singgah di satu kota.
- Internet mudah didapatkan di Jepang dengan melakukan install aplikasi Japan Free Wi-Fi di bandara Kansai saat kedatangan dan akan langsung terkoneksi saat mendapat sinyal.
- Pastikan untuk membawa payung lipat karena cuaca di Jepang sangat fluktuatif ketika ada badai atau taifun.
- Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Hiroshima adalah A-bomb Dome, Hiroshima Castle, Hiroshima Peace Memorial Museum, Miyajima Island, dan lain sebagainya.
- Transportasi di Hiroshima ke berbagai tempat wisata mudah dilakukan dengan bus keliling khusus turis yang gratis dengan JR Pass atau 200 JPY untuk dewasa sekali naik.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.