Friday, November 1, 2013

Day 1 : Annyeong-Haseyo Korea!

Dreamland Traveller


Day 1 : Annyeong-Haseyo Korea!
            Traveling membawa manfaat bagi siapapun yang melakukannya. Selain bisa menghilangkan stres dan kepenatan, traveling juga merupakan sarana yang tepat untuk belajar tentang banyak hal. Kita belajar untuk berpikiran terbuka, toleransi, displin, dan masih banyak hal lainnya. Traveling juga menyadarkan kita bahwa kita tidaklah terlalu pintar untuk memahami semua hal di dunia ini. Banyak hal yang tidak kita ketahui akan kita temui dalam setiap perjalanan yang dilakukan yang pada akhirnya menambah pengetahuan dalam diri kita masing-masing.




            Demikian juga dalam setiap trip yang Dreamland lakukan selalu membawa pesan berharga dari setiap destinasi yang Dreamland kunjungi. Senang sekali rasanya Dreamland berkesempatan melakukan trip di bulan Oktober 2013 ini dengan destinasi yang sangat istimewa. Destinasi yang sangat digilai oleh K-Pop lovers dan menjadi tempat bulan madu bagi sejumlah pasangan muda dengan tempat-tempat romantis yang ada di sini. Ya, Dreamland mengunjungi Korea Selatan!




            Perjalanan bermula ketika Dreamland naik bus Primajasa di Kompleks Batununggal pada pukul 16.30 WIB. Dreamland cukup terkejut melihat tarif bus Primajasa naik menjadi Rp 90.000,00. Sebelumnya dalam trip Dreamland terakhir yang memakai pesawat dari Jakarta, yakni Golden Triangle Trip, tarif bus Primajasa masih Rp 75.000,00. Setelah membeli tiket bus, Dreamland pun menunggu sebentar sebelum akhirnya dipanggil masuk dalam bus untuk berangkat langsung ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.




            Jalanan dari Bandung menuju Jakarta ternyata diwarnai kemacetan di sana sini. Dreamland terjebak kemacetan di tol dalam kota Jakarta yang memakan waktu berjam-jam. Untunglah pesawat Asiana Airlines yang membawa Dreamland dari Jakarta langsung ke Seoul akan berangkat pukul 23.45, sehingga Dreamland tidak perlu khawatir akan ketinggalan pesawat. Managemen waktu yang baik sangat diperlukan agar kita tidak terlambat sampai di airport karena kemacetan. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.




            Total waktu tempuh dari Bandung sampai bandara yang Dreamland habiskan adalah 4,5 jam! Sesampainya di Terminal 2D, Dreamland langsung mengisi perut yang keroncongan dengan makan di Hoka-Hoka Bento. Dreamland berusaha menghabiskan waktu sebanyak mungkin di sini agar tidak perlu menunggu lama sampai masuk ke dalam pesawat. Akhirnya pukul 22.00 WIB, Dreamland pun masuk ke konter check-in untuk memasukkan bagasi dan mendapatkan boarding pass. Di konter check-in, banyak sekali orang Korea yang check-in untuk pulang kembali ke kampung halaman mereka masing-masing.


            Dreamland pun berjalan menuju konter imigrasi untuk mendapatkan cap keluar dari Indonesia dan berjalan melewati berbagai toko cinderamata berharga tinggi yang dijual di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jika diperhatikan, begitu banyak sekali orang asing yang berlalu lalang di sini, jadi serasa terasing di negara sendiri di bandara ini. Berhubung Dreamland ingin duduk dan beristirahat sejenak agar prima sampai di Korea, Dreamland pun segera masuk ke ruang tunggu.


            Sebelumnya Dreamland melewati pemeriksaan terakhir terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai di ruang tunggu keberangkatan pesawat Asiana Airlines. Jangan lupa di pos pemeriksaan ini semua cairan yang melebihi 100 ml akan disita dan dikeluarkan dari tas Anda. Setelah menunggu sekitar 1 jam, akhirnya Dreamland dan seluruh penumpang dipersilahkan masuk ke pesawat Asiana Airlines. 


            Dreamland sangat terpukau dengan kemegahan dan fasilitas yang ada di pesawat Asiana Airlines ini. Pesawatnya hampir menyerupai Singapore Airlines. Terdapat personal TV, headset, serta layanan makan dan minum. Kursinya pun sangat nyaman dilengkapi dengan bantal dan selimut. Rasanya perjalanan 6 jam 40 menit yang akan Dreamland tempuh tidak akan terasa begitu lama dengan pesawat ini. 


            Setelah jam menunjukkan pukul 23.45, akhirnya pesawat Asiana Airlines pun diberangkatkan. Lalu lintas Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sibuk membuat pesawat Asiana Airlines harus mengantri sebelum bisa terbang mengudara di angkasa. Dreamland pun mempersiapkan diri untuk menuju Korea Selatan ini dengan rasa penasaran yang tinggi. Akhirnya pesawat pun lepas landas dengan sempurna. Sesampainya di angkasa, layanan entertainment Asiana pun dinyalakan.


            Kita bisa menonton TV, drama Korea, mendengarkan lagu, serta bermain games dengan tombol yang kita miliki di kursi. Satu hal yang membuat Dreamland senang dengan Asiana Airlines adalah pramugarinya cantik-cantik menyerupai artis Korea aslinya. Sudah ramah (meskipun ada beberapa yang jutek), murah senyum bikin hati keplek-keplek saja ya! Hanya saja dari segi rasa makanan agak kurang enak, namun yang lainnya ok. Di kamar mandi, sudah tersedia sikat gigi yang bisa digunakan untuk membersihkan gigi.


            Pramugari pun membagikan kartu kedatangan yang harus diisi. Setelah Dreamland mengisinya dengan sempurna, Dreamland pun memutuskan untuk beristirahat agar bisa berwisata di Seoul dengan optimal esok hari. Senang sekali rasanya akan menginjakkan kaki di negara Ginseng ini.







Jakarta, 10 Oktober 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Korea Selatan mempunyai 4 musim, yakni musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim dingin.
-  Pastikan untuk membawa pakaian sesuai dengan musim yang ada di Korea Selatan agar tidak salah kostum dan menunjang aktivitas kita selama berwisata di Korea Selatan.
- Mata uang yang digunakan di Korea Selatan adalah Korea Won (KRW) dengan nilai Rp 11 (kurs pada saat Dreamland melakukan perjalanan).
- Berbagai tempat wisata di Seoul sangat mudah diakses melalui subway maupun bus. Hanya saja untuk bus, kita harus tahu di halte bus mana kita harus berhenti.
- Tempat wisata yang paling terkenal di Korea Selatan adalah Nami Island, Everland Theme Park, Gyeongbokgung Palace, The Blue House, dan lain sebagainya.
- Kimchi adalah makanan yang sangat populer di Korea Selatan.
- Sebagian besar orang Korea tidak bisa berbahasa Inggris, namun mereka akan siap membantu jika Anda mengalami kesulitan. Jangan ragu untuk bertanya jika kesulitan atau tersesat.
- Terdapat bus gratis menuju Jeonju yang dapat Anda temui di depan Dongwha Duty Free area yang beroperasi setiap akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu).

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.