Thursday, November 7, 2013

Tips ‘n Trick Wisata di Seoul

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Seoul
            Sebagai destinasi wisata terfavorit para K-Pop lovers, Seoul merupakan ibukota Korea Selatan yang mampu menggabungkan unsur tradisional dan modern dalam setiap elemen yang ada didalamnya. Negara yang terkenal dengan hidangan kimchi dan Ginseng ini menawarkan banyak hal menarik yang bisa Anda dapatkan, mulai dari wisata sejarah, wisata cinta, sampai wisata drama sekalipun. 
            Nah supaya perjalanan Anda di Seoul dapat berjalan dengan lancar tanpa menguras banyak pengeluaran, Dreamland akan membagikan beberapa tips seru agar wisata di Seoul tetap menyenangkan dengan budget yang tepat.
1. Transportasi di Seoul sangat mudah diakses dengan bus dan subway. Kita cukup mempelajari rute subway yang ada dan berhenti sesuai Line yang tersedia untuk mencapai tempat wisata yang kita inginkan. Rata-rata nama tempat wisata sesuai dengan nama stasiun, seperti Gyeongbokgung, Dongdaemun, Myeong-dong, Jeondae – Everland, dan lain sebagainya. Ada juga yang tidak senama, seperti Gapyeong untuk mencapai Nami Island. Kita akan menghemat biaya transportasi untuk mencapai lokasi wisata yang diinginkan dibandingkan naik taksi.
2. Belilah T-Money Card. Kartu ini berfungsi untuk membayar biaya transportasi, belanja di 7Eleven, dan terdapat potongan diskon untuk beberapa tempat wisata. Kita bisa menghemat waktu untuk bolak balik membeli kartu Single Trip untuk naik subway dan harga transportasi pun didiskon. Kartu ini sangat praktis dan mudah digunakan. Kartu ini dapat dibeli di konter subway yang ada di manapun.

3. Bawalah pakaian sesuai dengan musim yang ada. Seoul, Korea Selatan mempunyai 4 musim yang berbeda setiap tahunnya, yakni musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Pastikan untuk membawa pakaian yang sesuai dengan musim agar tidak salah kostum. Bawalah mantel dan jaket tebal untuk musim dingin karena benar-benar sangat dingin dan menusuk kulit. Jangan lupa bawa topi dan payung pada saat musim panas. Sesuaikan pakaian Anda dengan musim yang sedang ada di Korea Selatan.

4. Tukarlah Korea Won (KRW) secukupnya di Indonesia. Kurs KRW di Indonesia boleh dikatakan sangat tinggi, sehingga membuat budget liburan kita menjadi tinggi. Bawalah USD ke Korea dan tukarkan di sana saat kita membutuhkannya. Kita akan mendapatkan lebih banyak KRW di Korea dibandingkan di Indonesia dengan jumlah uang yang sama.
5. Orang Korea sangat ramah dan suka membantu. Jika Anda kebingungan, tersesat, atau tidak tahu arah ke lokasi wisata, tanyakan saja pada orang setempat atau polisi. Mereka akan dengan senang hati membantu, meskipun beberapa dari mereka tidak bisa berbahasa Inggris.

6. Ambillah brosur di Pusat Informasi Turis yang ditemui karena sangat berguna untuk panduan tempat wisata dilengkapi rute yang tersedia. Jangan lupa juga untuk bertanya pada petugas yang ada agar kita semakin mudah mencapai tempat wisata yang diinginkan.

7. Kuasai bahasa Korea yang umum, seperti Annyeong-Haseyo (ucapan Selamat Pagi, Siang, Malam, sapaan) dan Gamsa Hamida (Terima Kasih) agar orang Korea merasa senang dan akrab dengan kita sebagai turis.
8. Harga nasi di Korea boleh dikatakan sangat tinggi. Guna menyiasati budget makan yang tinggi, cobalah kuliner setempat atau memasak makanan beku di 7Eleven yang terjangkau oleh kantong.

9. Terdapat Free Shuttle Bus ke Jeonju di parkiran Dongwha Duty Free setiap Jumat hingga Minggu setiap pukul 08.00. Jika Anda tertarik datang ke Jeonju yang terkenal dengan kampung tradisional Korea pastikan datang tepat waktu agar tidak ditinggal oleh bus.
10. Ketika berbelanja di pasar tradisional layaknya Namdaemun, Dongdaemun, dan Myeong-dong pastikan untuk menawar harga terlebih dahulu agar mendapat harga yang sesuai dengan kantong. Jika tidak mau tawar menawar, carilah toko dengan harga pas yang tertera di label.

            Semoga wisata Anda di Seoul semakin menyenangkan tanpa adanya kendala yang berarti. Selamat menikmati keindahan Seoul, Korea Selatan dari berbagai musim yang ada!

Seoul Trip, 10 – 14 Oktober 2013

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.