Tuesday, August 13, 2013

Tips ‘n Trick Wisata di Shenzhen

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Shenzhen
            Shenzhen dikenal sebagai wilayah China Daratan terdekat dengan Hong Kong. Tentu tidak lengkap rasanya jika kita tidak pergi ke Shenzhen selama berlibur di Hong Kong. Shenzhen mempunyai perbedaan karakteristik yang signifikan dengan Hong Kong, mulai dari segi keamanan dan mata uang. Hanya saja, harga barang dan makanan di Shenzhen secara umum jauh lebih murah dibandingkan dengan di Hong Kong.
            Dreamland akan memberikan tips dan trik penting selama berada di Shenzhen agar liburan Anda berjalan dengan lancar, tentunya secara ekonomis dan efisien.
1. Selama pergi ke berbagai pusat perbelanjaan di Shenzhen, pastikan untuk menjaga barang-barang berharga Anda di depan. Ingat, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, melainkan juga karena ada kejahatan! Waspadalah! Waspadalah! Demikian kata Bang Napi yang harus diperhatikan selama di Shenzhen. Awasi terus tas Anda agar tidak menjadi sasaran empuk copet di mal atau pusat perbelanjaan yang ramai seperti di Dong Men Market.

2. Shenzhen menggunakan mata uang Ren Min Bi (RMB). Pastikan sudah menukar RMB di Indonesia secukupnya agar tidak kerepotan selama berbelanja di Shenzhen. Sangat tidak disarankan untuk menukar uang di Shenzhen karena uang palsu dan penipuan berisiko terjadi. Selain itu, kurs mata uang akan anjlok jika ditukar di Shenzhen ini secara langsung.

3. Lokasi wisata di Shenzhen sangat mudah diakses dengan MTR di Shenzhen, mulai dari Window of The World, Splendid China and China Cultural Village, dan masih banyak lainnya. Pelajari peta Shenzhen terlebih dahulu dan lihat MTR terdekat agar biaya transportasi Anda dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

4.  Secara umum, hotel di Shenzhen jauh lebih murah dibandingkan di Hong Kong dengan fasilitas dan luas kamar yang jauh lebih besar. Namun tidak disarankan jika menginap di Shenzhen dan main di Hong Kong karena tidak efektif dan harga MTR Lo Wu ke pusat kota akan menghabiskan biaya yang sama dengan harga hotel Hong Kong ditambah menghabiskan waktu.
5. Kita tidak akan kesulitan berbelanja di Shenzhen karena pedagang rata-rata menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hanya saja pastikan tawar harga kurang dari 70% karena harganya dinaikkan setinggi-tingginya oleh penjual di Shenzhen.
            Semoga tips dan trik yang Dreamland berikan mampu memberikan manfaat liburan maksimal selama berada di Shenzhen ya! Selamat berbelanja dan menikmati wisata di Shenzhen!

Hong Kong Trip, 30 Juli – 4 Agustus 2013

~ oOo ~

7 comments:

  1. Hallo...
    Saya mau tanya, bebas visa untuk warga Indonesia di Hongkong berapa hari ya? Karena saya ada rencana ke Hongkong lebih dari 3 hari..
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Halo juga

    Bebas visa untuk WNI di Hongkong adalah 30 hari. Sementara kalau ke Shenzhen tanpa tour alias mengurus VoA kalau tidak salah hanya diberikan waktu 5 hari saja. Selamat berlibur! :)

    ReplyDelete
  3. halo... sy rencana mau k shenzhen via hongkong dengan voa, sebaiknya saya booking hostel nya dari indo atau on the spot pas di sana? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya booking dari Indonesia karena akan sangat membingungkan jika kita langsung mencari di sana, apalagi jika membawa koper dan barang bawaan yang cukup banyak.

      Delete
  4. kalo boleh tau biaya visa on arrival (voa) dikenakan biaya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Taufik Nofriza: Berhubung dalam perjalanan ini Dreamland menggunakan land tour, sehingga tidak diharuskan membuat VoA karena diurus oleh tour secara gratis, maka Taufik bisa langsung mencari informasi tersebut ke website imigrasi Shenzhen atau googling dengan kata kunci "Harga Visa on Arrival Shenzhen".

      Delete
  5. saya ada rencana untuk ke shenzhen .. pengurusan VOA bisa di bandara shenzhen kahh ???

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.