Friday, June 7, 2013

Tips ‘n Trik Wisata di Cambodia

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trik Wisata di Cambodia
            Sebagai salah satu negara berkembang di kawasan Indochina dan Asia Tenggara, Cambodia mempunyai standar kehidupan yang lebih rendah dibandingkan negara ASEAN lainnya. Selain itu, Cambodia tidak mempunyai transportasi umum yang canggih dan memadai. Negara yang terkenal dengan pesona Angkor Wat dan sejarah kelam Khmer Merah yang melegenda ini tentu dapat kita kunjungi dengan kepuasan yang maksimal asalkan kita mampu menyiasatinya dengan tips dan trik yang Dreamland berikan.
1. Kawasan Siem Reap terkenal dengan kemegahan candi yang ada di kawasan Angkor. Tentu kita tidak ingin melewatkan momen liburan menarik dengan mengunjungi situs di mana terdapat Angkor Wat, Bayon, dan Ta Prohm yang sangat unik dan fantastis. Sayangnya terdapat banyak supir tuk-tuk yang menawarkan harga tur keliling kompleks candi ini dengan harga yang tinggi. Pastikan untuk menawar harga terlebih dahulu agar mendapatkan harga yang sesuai dengan budget, serta bayarlah supir tuk-tuk selalu di saat mereka telah memberikan jasanya, bukan pada awal booking untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti supir tuk-tuk kabur dan lain sebagainya.

2. Hampir semua kawasan negara Kamboja sangat berdebu. Pastikan untuk membawa masker untuk menutupi hidung dan mulut agar tidak dimasuki oleh debu dan pasir yang beterbangan. Usahakan untuk tidak memakai lensa kontak karena dapat mengakibatkan iritasi parah akibat kemasukan kotoran debu yang sangat pekat, baik di Siem Reap maupun Phnom Penh.

3. Bawalah air minum yang banyak saat mengikuti tur, baik di Siem Reap maupun Phnom Penh. Cuaca di Kamboja sangatlah panas dan menguras banyak energi. Pastikan tubuh kita tetap mendapat asupan air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan kepala yang pusing akibat sengatan matahari yang begitu tajam. Pakailah sunblock atau bawalah payung agar kulit Anda tidak terbakar dan menghasilkan perih yang tidak terkira.

4. Pakailah pakaian yang sopan dan pantas saat memasuki kawasan kuil Angkor Wat bagian atas, maupun ladang pembantaian Khmer Merah. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat kita pada budaya maupun korban pembunuhan. Tentu orang setempat pun akan menghargai kita dengan rasa hormat yang kita berikan lewat penggunaan pakaian yang pantas dan tidak serba terbuka atau kekurangan bahan di sana dan di sini.

5. Disarankan untuk membeli tiket bus atau moda transportasi apapun di Kamboja lewat guesthouse. Mereka dapat memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli langsung atau melalui travel agent. Anda bisa menghemat beberapa dollar dengan memesan via penginapan yang Anda huni, khususnya untuk kelas backpacker.

6. Pastikan untuk berhati-hati dengan barang bawaan Anda saat menaiki moda transportasi tuk-tuk agar tidak dijambret oleh pencuri yang menggunakan motor. Simpan barang bawaan di tempat yang aman agar terhindar dari tindak pencurian.
7. Waspadai calo dan orang-orang yang bersikap terlalu baik pada pertama kali bertemu karena biasanya ada udang di balik batu di setiap perbuatan mereka. Menerima kebaikan mereka tentu tidak salah, namun sikap waspada tetap harus dipertahankan agar kita tidak mendapat kerugian pada akhirnya.
            Semoga tips dan trik yang Dreamland berikan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi sobat Dreamland semua tatkala berwisata di Cambodia. Selamat berlibur dan menyaksikan kemegahan masa lalu Khmer di Cambodia!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.