Saturday, June 29, 2013

Polisi Turis yang Bersahabat

Dreamland Traveller Moment


Polisi Turis yang Bersahabat
            Sebagai aparat keamanan, polisi bertugas menjaga ketertiban, ketentraman, dan kelancaran aktivitas masyarakat yang ada di suatu negara. Polisi menjadi panutan dalam bertindak dan bersikap dengan ketegasan, kesigapan, dan keberanian memberantas kejahatan yang terjadi. Idealnya, polisi juga seyogianya dicintai dan diandalkan masyarakat untuk meminta perlindungan dan keamanan, sehingga keadaan suatu negara menjadi nyaman untuk ditempati.
            Dreamland mendapatkan pengalaman menyenangkan tatkala bertemu polisi turis setelah melintasi perbatasan di Poipet menuju Aranyaprathet di Thailand Timur. Saat itu, Dreamland sedang kebingungan dalam mencari alternatif penginapan yang ada di Aranyaprathet, berhubung kereta Dreamland dari Aranyaprathet menuju Bangkok baru berangkat esok pagi pada pukul 06.40. Dreamland pun menghampiri tempat polisi turis yang ada tepat di depan imigrasi untuk meminta bantuan.
            Awalnya Dreamland ragu untuk masuk ke kios polisi turis ini berhubung tempatnya sangat sepi dan tertutup. “Masuk jangan, masuk jangan.” kata Dreamland dalam hati. Tatkala Dreamland masih bingung di luar, tiba-tiba seorang polisi wanita membukakan pintu dan mempersilahkan Dreamland masuk ke dalam untuk meminta pertolongan. “Ma’am do you know hotel near railway station here? Because I must catch the train at 06.40 tomorrow morning.” tanya Dreamland.
            Ok wait a minute.” katanya cepat sambil mengambil sebuah map yang berisi list hotel yang ada di Aranyaprathet. Langsung polisi tersebut mencatat di sebuah kertas kosong alamat hotel dan kisaran budget yang dibutuhkan untuk menginap di hotel tersebut. Tak hanya itu, polisi turis ini juga langsung menelepon hotel yang bersangkutan (Aran Home Sweet) apakah masih tersedia kamar hotel atau tidak. Benar-benar bantuan yang sangat lengkap.
            Setelah mengantongi kertas berisi alamat hotel, polisi turis itu pun membantu mencarikan tuk-tuk yang akan membawa Dreamland ke penginapan. Polisi itu pun berjalan cukup jauh bersama Dreamland untuk mencarikan tuk-tuk terbaik dengan harga terjangkau. Polisi itu pun berbicara dalam bahasa Thai ke supir tuk-tuk dan akhirnya Dreamland pun tidak mengalami kendala yang berarti saat mencari penginapan berkat bantuan polisi turis Thailand ini. Sambil melambaikan tangan, Dreamland pun mengucapkan terima kasih pada polisi turis yang sangat bersahabat ini. Semoga kebaikan polisi turis ini akan dibalas dengan kebaikan lainnya di masa mendatang.
            Dreamland senang sekali dengan polisi turis di Thailand ini karena mereka bisa membantu turis dengan apa yang mereka bisa lakukan. Mereka juga sangat ramah, tidak suka ngerumpi, dan benar-benar menjadikan turis serasa berada di negara sendiri. Berbeda dengan polisi di Indonesia yang identik dengan “uang damai”, senyum palsu, dan cekakak cekikik di kantor sambil merokok. Apalagi Dreamland mendengar di suatu pulau ternama berinisial B, bule-bule yang naik motor seringkali diperas polisi tatkala sedang mengendarai motor. Benar-benar mencoreng citra pariwisata Indonesia!
            Semoga saja polisi Indonesia bisa belajar pada polisi Thailand tentang tata krama, keramahan, serta cara santun dalam melayani turis yang berkunjung. Jadikan turis sebagai tamu istimewa, bukan sapi perah!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.