Monday, June 24, 2013

Tips n Trick Wisata di Chiang Rai

Dreamland Traveller


Tips n Trick Wisata di Chiang Rai
            Sebagai wilayah terdekat dengan kawasan Golden Triangle yang menjadi lokasi perbatasan antara 3 negara, yakni Thailand, Myanmar, dan Laos, Chiang Rai merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk melihat perbedaan gaya hidup dan keunikan daerah perbatasan dari tiap masyarakat, baik Myanmar, Thailand, maupun Laos. Sebagai tempat singgah Dreamland selama 4 malam, Chiang Rai merupakan kota yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk. Sangat cocok bagi mereka yang menyukai kedamaian dan ketenangan. Dreamland akan membagikan beberapa tips menarik yang akan membantu Anda semua menikmati wisata di Chiang Rai ini dengan sempurna.
1. Pastikan untuk memilih penginapan dekat dengan Chiang Rai Night Bazaar dan terminal bus Chiang Rai lama. Semua moda transportasi menuju berbagai wilayah di Chiang Rai maupun luar kota akan terpusat di sini. Selain menghemat waktu untuk berjalan, kita juga tidak memboroskan biaya untuk transportasi dari dan menuju terminal bus yang satu ini. Tempat ini juga mempunyai banyak tempat makan, sehingga tidak perlu khawatir akan kelaparan saat di malam hari.

2. Semua bus yang ada di terminal bus lama mempunyai papan petunjuk yang jelas tentang destinasi yang akan dituju. Pastikan bertanya pada petugas dan membaca baik-baik setiap papan karena mempunyai jam keberangkatan dan beberapa terdapat tarif yang harus dibayar untuk menuju sebuah destinasi. Bus menuju Mae Sai mempunyai frekuensi yang paling sering dibandingkan bus tujuan lainnya. Rata-rata bus yang beroperasi mempunyai sistem pembayaran langsung di bus.

3. Jika ingin menggunakan tuk-tuk atau songtheow pastikan untuk menawar harga terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa mereka agar harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang kita miliki. Biasanya tuk-tuk mematok harga yang sangat tinggi dan membuat budget transportasi kita menjadi bengkak.

4. Siapkan dokumen perjalanan dengan lengkap karena banyaknya pemeriksaan yang dilakukan polisi Thailand setelah kita melalui daerah perbatasan di Mae Sai. Tidak mampu menyiapkan dokumen yang valid akan membuat kita kesulitan untuk melanjutkan perjalanan dan terpaksa diturunkan dari moda transportasi yang kita naiki.

5. Semua daerah perbatasan di Thailand – Myanmar dan Thailand – Laos masih menggunakan Thailand Bath (THB) sebagai mata uang yang sah untuk transaksi. Kita tak perlu menukar ke mata uang setempat untuk berbelanja karena selain hanya dapat digunakan di negara yang bersangkutan, mata uang setempat juga akan jatuh saat dijual di Thailand.

6. Pastikan untuk berpikir dahulu sebelum membeli barang di daerah perbatasan Mae Sai – Tachilek karena banyaknya permata palsu atau barang-barang terlarang yang kelak akan menyulitkan kita saat pulang kembali ke tanah air.

7. Chiang Mai adalah kota alternatif yang dapat kita singgahi dengan keramaian dan hiruk pikuknya jika Anda menyukai kota yang ramai dan penuh pertokoan. Chiang Mai dapat diakses dari Chiang Rai dengan bus berestimasi waktu 3 jam perjalanan.
8. Pastikan untuk berpakaian sopan saat memasuki kuil karena beberapa kuil melarang pakaian yang serba terbuka, minim, dan mengharuskan kita untuk menyewa pakaian yang disediakan di kuil dengan harga yang cukup mahal.
            Semoga tips yang Dreamland berikan dapat menjadikan petualangan Anda di Golden Triangle semakin seru dan menyenangkan tanpa adanya kendala yang berarti. Semoga Anda bisa mengunjungi tempat yang telah Dreamland kunjungi di Chiang Rai ini. Selamat berwisata!

Golden Triangle Trip, 9 – 15 Juni 2013

~ oOo ~

3 comments:

  1. saya lg nyari info2 ttg chiang rai, chiang mai dan brunei, krn dec bsk mw ksana..dan blog ini bnyk bgt ksh masukan berguna ;) Tx yaaa

    ReplyDelete
  2. menarik banget perjalanannya untuk disimak hehe

    liburan ke dieng aja : Paket Wisata Dieng

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.