Thursday, June 27, 2013

Kafe ala Bioskop di Phnom Penh

Dreamland Traveller Moment


Kafe ala Bioskop di Phnom Penh
            Perbedaan kondisi antara satu negara dan negara lainnya membuat suatu perjalanan menjadi indah dan penuh warna. Saat Dreamland berada di Phnom Penh, Dreamland menemukan sebuah fenomena menarik yang tidak pernah ditemukan sebelumnya. Saat berjalan melintasi kafe-kafe yang ada di Phnom Penh, Dreamland melihat orang lokal Kamboja sangat serius memperhatikan ke depan. Semua tidak ada yang bersuara atau ketawa ketiwi layaknya berada di kafe.
            Ternyata setelah diselidiki, mereka sedang menyimak televisi layar datar yang disediakan oleh kafe. TVnya pun dipasang 3 buah dengan tayangan yang berbeda-beda. Masing-masing bisa memilih tayangan mana yang ingin disaksikan, apakah A, B, atau C. Semua mata dengan serius memperhatikan televisi. Uniknya setting kafe pun dibuat layaknya bioskop dengan bangku berjejer menghadap ke depan semua.
            Mungkin banyak warga Kamboja yang tidak mempunyai TV karena kondisi ekonomi mereka yang serba pas-pasan. Mempunyai TV di Kamboja mungkin adalah sebuah kemewahan tersendiri. Berbeda dengan di Indonesia, di mana TV adalah barang yang wajib dimiliki, mulai dari orang yang kaya sampai orang yang tinggal di kolong jembatan sekalipun. Kafe pun menjadi tempat yang sunyi senyap dan hanya terdengar hingar binger acara televisi yang nyaring didalamnya.
            Unik rasanya melihat kafe ala bioskop ini di Phnom Penh.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.