Tuesday, June 18, 2013

Day 2 : Shopping in JJ Mall and Welcome Chiang Rai

Dreamland Traveller


Day 2 : Shopping in JJ Mall and Welcome Chiang Rai
            Pagi pun tiba dengan cepat di Bangkok. Lalu lintas Airport Rail Link pun terdengar dari kamar Dreamland. Setelah mandi dan bersiap-siap, Dreamland pun langsung melakukan check-out dari hotel. Setelah itu, Dreamland berjalan menyeberang menuju Ramkhamhaeng Station dengan tujuan Phaya Thai. Kereta pun datang tak begitu lama setelah Dreamland membeli tiket, Dreamland pun segera masuk dan menikmati perjalanan menuju Phaya Thai.

            Sesampainya di Phaya Thai, Dreamland segera beralih mengambil jalur BTS Skytrain dengan tujuan Mo Chit mengingat Dreamland ingin mengunjungi Chatuchak Weekend Market untuk membeli sejumlah oleh-oleh. Dreamland pun naik dan melewati 6 stasiun hingga akhirnya sampai di Mo Chit yang terletak di samping MRT Chatuchak Park. Dreamland pun turun dan langsung beranjak menuju Chatuchak Weekend Market melalui Chatuchak Park.






            Setelah berjalan cukup jauh di Chatuchak Park, ternyata pintu keluar menuju Chatuchak Market tidak terbuka. Dreamland terpaksa berjalan memutar untuk menuju pasar raksasa yang sangat terkenal ini. Sesudah berjalan cukup jauh, ternyata Chatuchak Weekend Market tidak dibuka pada hari Senin saat Dreamland berkunjung. Semua pertokoan dan lalu lintas masuk ditutup rapat. Sedih rasanya sudah jauh-jauh berkunjung ke sini justru toko utamanya tutup begitu saja.






            Akhirnya karena sudah tiba di kompleks Chatuchak, Dreamland pun berjalan keliling untuk melihat apakah ada toko yang masih buka atau tidak. Ternyata semua toko tutup total! Namun di sebuah persimpangan jalan, Dreamland melihat ada sebuah mal yang buka dan akhirnya Dreamland masuk didalamnya. Mal ini bernama JJ Park yang juga terletak di sekitar kompleks Chatuchak Weekend Market. 





            Mal JJ Park ini boleh dikatakan sangat rapi dan menyerupai Pasar Baru Bandung hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil. Barang yang diperjualbelikan di sini, antara lain pakaian, suvenir, kaos Bangkok, selendang, hingga pajangan. Hanya saja, kondisi mal ini saat Dreamland berkunjung sangatlah sepi. Dreamland berjalan berkeliling mal ini sambil membeli beberapa jenis oleh-oleh, kemudian makan siang di food court yang terletak di lantai atas JJ Park ini.  






            Setelah itu, Dreamland kembali berjalan-jalan dan melihat dengan tujuan membunuh waktu untuk menunggu pesawat yang akan membawa Dreamland dari Don Mueang Airport menuju Chiang Rai pukul 20.10 nanti. Akhirnya setelah 3 jam berada di JJ Park, Dreamland langsung berjalan menuju MRT Kamphaeng Phet yang terletak cukup dekat dari mal ini menuju MRT Hua Lampong. Perjalanan selama 40 menit di MRT pun terasa begitu cepat. Akhirnya setelah sampai di MRT, Dreamland bertemu lagi dengan stasiun kereta api yang sudah tidak asing lagi dengan Dreamland.







            Tanpa membuang waktu, Dreamland membeli tiket kereta api menuju Don Mueang. Setelah itu, Dreamland langsung makan siang di food court yang ada di kompleks kereta api ini. Saat waktu keberangkatan tiba, Dreamland pun naik dan duduk di tempat duduk yang tersedia. Pemandangan yang terlihat sepanjang perjalanan adalah pemukiman kumuh warga Bangkok dan jalanan yang begitu ramai oleh kendaraan. Cuaca yang panas dan akhirnya menjadi hujan deras membuat Dreamland menjadi tidak betah berada di kereta api kelas 3 ini karena menjadi sangat pengap.






            Setibanya di stasiun Don Mueang, Dreamland langsung menaiki jembatan menuju airport. Thailand memang sangat baik dalam memenuhi kebutuhan transportasi warganya dan  turis agar merasa nyaman dengan hadirnya angkutan umum yang murah meriah menuju airport. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah masuk dan naik menuju konter check-in, Dreamland langsung menyerahkan passport di konter keberangkatan domestik Thai AirAsia. 







            Sesudah mendapatkan boarding pass, Dreamland langsung masuk, scanning barang bawaan, dan akhirnya menunggu di ruang tunggu keberangkatan. Tak lama kemudian, petugas Thai AirAsia meminta Dreamland dan penumpang lain untuk naik ke pesawat. Dreamland pun akhirnya naik dan mencari tempat duduk yang telah ditentukan. Rupanya pesawat AirAsia menuju Chiang Rai dari Bangkok ini sangat penuh sesak oleh penumpang. Terbukti sampai deret nomor 30 semua kursinya terisi penuh.







            Akhirnya pesawat pun lepas landas dari Don Mueang Airport menuju Chiang Rai. Perjalanan selama 1 jam 20 menit ini pun terasa begitu menyeramkan karena turbulensi dan getaran pesawat yang sangat keras. Goncangan dahsyat berkali-kali Dreamland rasakan, sehingga membuat hati jadi tidak tenang. Penerbangan horor ini pun akhirnya berakhir tatkala Thai AirAsia mendarat di Mae Fah Luang Airport di Chiang Rai. Bandaranya boleh dikatakan kecil, namun akses masuk pesawatnya menggunakan garbatara. Salut!





            Tak hanya itu, bagasi para penumpang juga sudah mengalir lancar tatkala tiba di ruang ketibaan. Berbeda jauh dengan pelayanan bagasi yang super lama di Bandara Soekarno-Hatta yang akan Dreamland bahas lebih lanjut di Dreamland Traveller Moment. Keluar dari bandara, Dreamland masih bingung dengan Chiang Rai yang super misterius. Akhirnya karena malam dan hujan yang deras, Dreamland pun memutuskan menggunakan jasa taksi bandara untuk pergi ke hotel yang Dreamland sudah pesan, yakni B2 Night Bazaar Chiang Rai Hotel.



            Jalanan sepanjang jalan menuju hotel dari bandara ini sangat menyeramkan. Pepohonan dan rerumputan lebat yang sangat gelap menghiasi perjalanan Dreamland menuju hotel. Sesampainya di hotel, Dreamland langsung melakukan proses check-in dan mendapatkan kunci kamar untuk menaruh barang bawaan. Setelah itu, Dreamland berjalan-jalan sejenak di kota Chiang Rai malam yang sangat sepi dan mencekam. Hampir semua toko kecil tutup dan membuat Dreamland serasa berada di kota mati.


            Akhirnya setelah menemukan 7 Eleven untuk membeli sejumlah barang, Dreamland pun akhirnya masuk kembali ke hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan diri pada esok hari untuk perjalanan menuju ke perbatasan Thailand – Myanmar via Mae Sai. Bingung rasanya berada di sebuah kota kecil di utara Thailand yang sangat sepi, namun menimbulkan rasa keingintahuan yang besar di esok hari.

Bangkok, Chiang Rai, Thailand, 10 Juni 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Akses dari Bangkok menuju Chiang Rai dapat ditempuh via jalur darat atau pesawat udara.
- Bus dari Bangkok menuju ke Chiang Mai lebih sering dibandingkan menuju Chiang Rai.
- Terdapat rute kereta api Bangkok – Chiang Mai di Stasiun Kereta Hua Lam Phong.
- Chiang Mai – Chiang Rai dapat ditempuh via bus dalam jarak 3 jam perjalanan.
- Chiang Mai adalah kota kedua terbesar di Thailand setelah Bangkok.
- Alat transportasi yang umum digunakan, baik di Chiang Mai maupun Chiang Rai adalah songtheow alias sejenis angkot yang terbuka di bagian belakangnya.
- Semua bus untuk mengakses wilayah utara Thailand dari Chiang Rai terletak di Chiang Rai Bus Terminal 1 alias Terminal Bus Lama, untuk jarak jauh ke Selatan berada di Terminal Bus Baru.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.