Tuesday, December 22, 2015

Kesetaraan Turis Lokal dan Asing

Dreamland Traveller Moment


Kesetaraan Turis Lokal dan Asing
            Saat kita berwisata ke luar negeri, tentu ada kekhawatiran dengan perlakuan berbeda dari masyarakat setempat. Apalagi kita tidak mengerti bahasa, asing dengan tempat baru, serta mempunyai budaya yang sangat amat berbeda dengan negara yang kita huni selama ini. Hal ini juga menjadi kekhawatiran Dreamland saat baru pertama kali ke luar negeri. Citra “dipalak”, ditagih lebih mahal, serta diperas oleh oknum tertentu jadi bayangan gelap yang memenuhi benak Dreamland.
            Rupanya hal tersebut tidak terjadi saat Dreamland berwisata di Thailand. Sepanjang perjalanan Dreamland di negeri Gajah Putih ini, belum pernah Dreamland membayar lebih mahal dari orang lokal, khususnya dalam hal transportasi umum. Ketika Dreamland membayar tarif bus umum, Dreamland membayar harga yang sama dengan orang lokal yang ada di samping kiri dan kanan Dreamland. Mereka juga memberi bukti kertas kecil sebagai tanda sudah membayar tiket bus. Suatu hal yang patut dicontoh dan ditiru oleh negara lain di dunia.
            Sangat disayangkan rasanya ketika Dreamland melihat negara sendiri. Begitu banyak kendaraan, baik itu angkot, bus, taksi, dan apapun yang selalu mematok tarif yang sangat tinggi untuk turis asing dibandingkan turis lokal. Ulah sebagian oknum ini membuat citra Indonesia jadi tercoreng dan akibatnya banyak orang asing yang kapok untuk mengulangi kunjungan ke Indonesia. Belum lagi sekarang era keterbukaan informasi sangat mudah diakses via sosial media, Tripadvisor, dan berbagai situs perjalanan lain yang bisa saja membuat catatan bernada negatif untuk Indonesia karena ulah sebagian oknum tersebut.
            Citra bule itu tajir, banyak uang, dan royal itulah yang seyogianya dihilangkan dari benak masyarakat Indonesia. Apalagi kalau sudah begini harga semua barang, transportasi, dan wisata jadi sangat mahal bagi mereka yang tergolong bule backpacker. Tentu kita tidak ingin hal itu membuat Indonesia dicap negara yang bikin kapok untuk dikunjungi bagi turis asing. Belum lagi calo-calo gelap yang terkadang bisa memeras dengan menggunakan tindakan kriminal. Hal ini tentu harus dibenahi pemerintah.
            Maka tak heran kalau orang Indonesia jadinya punya kekhawatiran berlebihan ketika pergi ke luar negeri karena turis asing di sini saja bisa diperlakukan demikian. Untungnya Thailand bukanlah negara yang mematok harga tertentu untuk turis, baik itu makanan, akomodasi, dan transportasi, kecuali tempat wisata tertentu, di mana turis asing lebih mahal daripada turis lokal.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.