Friday, December 25, 2015

Scam Tuk-Tuk ala Bangkok

Dreamland Traveller Moment


Scam Tuk-Tuk ala Bangkok
            Rasanya scam yang satu ini sih sudah sangat terkenal dan ditulis di berbagai travel blog yang ada di dunia. Tapi tidak afdol rasanya jika Dreamland belum menemukan sendiri kejadian scam tuk-tuk yang legendaris ini. Ketika Dreamland berjalan keluar dari Wat Traimit, Dreamland kebingungan dengan lokasi jualan murah meriah yang ada di Chinatown Bangkok. Dreamland bertanya saja pada orang yang kelihatannya bisa membantu di jalan. 
            Dreamland pun melihat ada seorang pria tua yang memakai name tag dan seragam di pinggir jalan. Dengan bahasa Inggris yang sangat fasih, beliau menjelaskan kalau lokasi itu adanya di sini dengan peta yang Dreamland bawa. Tapi setelah itu, dia menawarkan untuk membawa Dreamland jalan-jalan di Bangkok dengan harga yang sangat murah, yakni 50 THB. Tentu Dreamland sudah mengambil kesimpulan, sepertinya ini scam yang terkenal itu. Tapi pura-pura tidak tahu saja.
            Dreamland pun mendengar kalau ada tuk-tuk temannya yang akan membawa ke berbagai kuil menarik yang dia lingkari di map, sayangnya kata dia Grand Palace tutup untuk hari ini. Jadi akan dibawa ke berbagai tempat lain yang menarik. Katanya lagi ada tempat pembuatan batu mulia yang ternama dan toko suvenir yang bisa dikunjungi. Oooohhh ok kata Dreamland. Dreamland pun langsung pamit dan meninggalkan dia sendiri dengan penawaran 50 THBnya.
            Rupanya wajar kalau banyak turis yang baru pertama kali ke Bangkok kena jebakan batman kalau begini dengan penampilan meyakinkan ala polisi dan name tag seolah orang yang berotoritas, justru menjerumuskan turis ke tempat asing antah berantah. Apalagi keluarga Dreamland yang lain sudah pernah merasakan. Jadi Dreamland sudah sangat tahu dengan scam tuk-tuk ini. Seru juga merasakan scam yang tidak mempan untuk Dreamland. Maka dari itu, penting untuk berbagi pengalaman perjalanan agar turis lain tidak terjebak di kubangan scam yang sama.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.