Saturday, February 13, 2016

Busway ala Taiwan di Taichung

Dreamland Traveller Moment




Busway ala Taiwan di Taichung


            Busway adalah salah satu moda transportasi umum yang menjadi pilihan utama masyarakat ibukota ketika bepergian di Jakarta. Dengan jalur yang khusus, busway menjadi pilihan yang tepat jika ingin menghindari kemacetan dibandingkan dengan membawa kendaraan pribadi. Rupanya busway bukan hanya ada di Jakarta dengan nama TransJakarta, Taiwan pun mempunyai busway dengan nama BRT.

            Sepanjang jalan ketika Dreamland berada di bus wisata, Dreamland melihat banyak sekali tulisan BRT yang menyerupai halte bus. Rupanya bus menjadi sarana transportasi umum utama di Taichung. Dengan sistem pembayaran menggunakan kartu tap, penumpang dapat masuk ke halte khusus untuk menunggu bus yang akan lewat. Dreamland sendiri melihat halte bus BRT ini sangat elegan dan megah karena mempunyai desain setengah lingkaran yang simpel.

            Sayangnya Dreamland tidak mencoba naik BRT karena hari sudah malam ketika tiba di kota Taichung. Tapi setidaknya Dreamland melihat busway Jakarta versi lain di Taiwan. Semoga saja busway di Jakarta semakin baik dan mengutamakan kenyamanan penumpang dengan frekuensi bus yang semakin sering, serta antisipasi penumpukan penumpang saat jam berangkat dan pulang kerja.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.