Friday, February 5, 2016

Beda Negara, Beda Toilet

Dreamland Traveller Moment




Beda Negara, Beda Toilet


            Jika membayangkan kata toilet ketika berkunjung ke Tiongkok Daratan, pasti yang pertama kali terpikir adalah bau, kotoran tidak disiram, aromanya semerbak bunga bangkai, dan berbagai stigma negatif lainnya. Rupanya asumsi tersebut membuat Dreamland agak khawatir juga jika harus menggunakan toilet umum di negara yang dianggap punya karakteristik mirip, yakni Taiwan. Dreamland berpikir harus siap-siap tahan nafas ketika di toilet agar tidak muntah.

            Rupanya kondisi toilet di Taiwan berbeda sangat jauh dibandingkan toilet di Tiongkok Daratan. Meskipun model toiletnya tradisional, tapi kondisinya dirawat dan dibersihkan secara teratur oleh petugas. Tak heran jika aktivitas buang air pun tidak menjadi uji nyali, tetapi bisa dilakukan dengan tenang. Sangat amat berbeda jauh dengan toilet Tiongkok Daratan yang membuat kencing sekalipun harus buru-buru karena bau kotoran yang sangat menyengat dan bikin kepala pening.

            Sungguh sebuah perbedaan yang signifikan antara Tiongkok Daratan dan Taiwan. Meskipun sama-sama orang Chinese berbahasa Mandarin, tapi soal kelakuan dan perilaku dalam hal toilet berbeda jauh. Demikian juga kondisi toilet antara mengenaskan dan manusiawi. Semoga saja kebiasaan baik ini bisa tertular ke Tiongkok Daratan dari negara yang usianya lebih muda ini.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.