Friday, February 12, 2016

Demo Damai ala Taiwan

Dreamland Traveller Moment




Demo Damai ala Taiwan

 

            Demo biasanya identik dengan kerusuhan, keramaian, dan kekacauan di sebuah tempat tertentu. Biasanya aksi demo dilakukan untuk melancarkan protes terhadap kebijakan pemerintah tertentu yang dianggap merugikan masyarakat atau mengecam sebuah tindakan yang dianggap tidak sesuai dengan norma masyarakat. Jika demo di Indonesia erat kaitannya dengan ban yang dibakar, toa yang dipasang dengan volume sekeras mungkin, spanduk berukuran besar, serta kerumunan orang yang banyak, rupanya demo di Taiwan sangat berbeda dan unik sekali.
 

            Saat Dreamland berkunjung ke Taipei 101, rupanya sedang terjadi demonstrasi yang dilakukan oleh seorang bapak tua. Dengan spanduk dan bendera besar, beliau melancarkan protes dalam Bahasa Mandarin yang Dreamland tidak mengerti. Anehnya lagi tidak ada orang yang ketakutan, berlarian, atau panik karena ada demo. Justru banyak orang Taiwan yang ikut melihat kerumunan orang yang berdemo. Polisinya pun santai-santai saja berjaga tanpa takut ada ancaman tertentu.
 

            Jika demo di Indonesia biasanya dimeriahkan oleh para penjual kaki lima, di Taiwan demo tetaplah demo tanpa ada yang berjualan. Demo disampaikan dengan lantang, namun tetap damai dan tertib tanpa membuat jalan macet atau bising. Setelah selesai, demo pun bubar dengan sendirinya dan seolah tidak menyisakan peristiwa apapun yang pernah terjadi sebelumnya. Sungguh sebuah atmosfer demo yang damai di Taiwan.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.