Sunday, February 7, 2016

Museum Hi-Tech ala Fo Guang Shan

Dreamland Traveller Moment




Museum Hi-Tech ala Fo Guang Shan


            Berbicara tentang museum, pasti yang terbersit di benak kita pertama kali adalah bangunan tua yang seram, bau apek, serta diduga menyimpan artefak kuno yang dihuni oleh roh-roh gaib. Tak heran rasanya jika museum menjadi tempat yang paling tidak favorit dikunjungi oleh masyarakat Indonesia, kecuali oleh rombongan anak SD yang harus membuat laporan untuk mata pelajaran Sejarah. Rupanya konsep museum tersebut tidak berlaku untuk museum yang ada di Fo Guang Shan.

            Sebagai tempat ibadah umat Buddha terpadu, Fo Guang Shan rupanya sangat serius menyiapkan fasilitas untuk memperkenalkan perkembangan ajaran agama Buddha di Taiwan dan seluruh dunia. Dengan bioskop 4D, tampilan layar interaktif, teknologi virtual berbentuk kaligrafi, serta penataan bangunan dan diorama yang sangat nyata membuat museum di Fo Guang Shan ini sangat menarik untuk dikunjungi.

            Dreamland sendiri kagum melihat ada sebuah lorong panjang serupa terowongan mimpi karena dibuat dengan teknik permainan cahaya yang sangat apik. Sangat patut Dreamland acungi jempol. Belum lagi bioskop 4D yang ramai dikunjungi penonton dengan jam tayang setiap 1 jam sekali. Penontonnya pun membludak layaknya nonton bioskop di mal pada umumnya. Tak heran rasanya kalau anak-anak dan orang tua sekalipun antusias untuk melihat museum dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki.

            Kalau museum hi-tech seperti yang Fo Guang Shan miliki ini ada di Indonesia, bisa jadi kita tidak akan keluar dari museum untuk minimal 3 jam karena keseruan aktivitas dan pengetahuan yang akan didapatkan sangat menarik untuk digali dengan cara yang interaktif.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.