Monday, February 1, 2016

Tiada Hari Tanpa Toko Pemerintah

Dreamland Traveller Moment




Tiada Hari Tanpa Toko Pemerintah


            Salah satu acara wajib yang tidak dapat dihindari ketika mengikuti tur adalah mengunjungi toko pemerintah. Entah itu toko sutra, teh, giok, obat-obatan, atau berbagai jenis barang lainnya yang dianggap khas dan mewakili daerah tersebut. Ketika Dreamland berada dalam perjalanan menuju Taroko National Park, Dreamland diharuskan singgah di Linzi dan Tea Centre berhubung sudah ada dalam jadwal perjalanan tur. Alhasil kami semua harus turun dan melihat toko yang menjual teh yang katanya berkhasiat ini.

            Seperti biasa, orang yang terlihat paling berpengalaman dan ahli di toko tersebut menjadi pembicara yang menjelaskan khasiat teh dalam Bahasa Mandarin. Berhubung Dreamland tidak mengerti apa-apa jadinya bengong dan mencicipi saja sampel yang dihidangkan. Dari terjemahan yang Dreamland dapatkan dari peserta tur yang bisa berbahasa Inggris, katanya teh ini sangat baik untuk kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan mempunyai kandungan antioksidan yang baik. Pokoknya penjelasan panjang kali lebar kali tinggi ini menghabiskan waktu hingga 1,5 jam!

            Belum selesai sampai penjelasan, petugas toko pemerintah pun menghadang kami satu per satu untuk membeli produk yang sudah dipromosikan. Ada keluarga tajir yang langsung memborong berbungkus-bungkus teh karena akan dijadikan oleh-oleh dari Taiwan. Ada juga yang buru-buru memesan 10 kaleng teh karena takut kehabisan. Teknik pemasaran toko pemerintah ini pun sangat cerdas, yakni menurunkan harga secara ekstrim dari penawaran awal hingga hanya 10%nya saja. Sungguh luar biasa!

            Dreamland sih hanya menjadi penonton saja melihat peserta tur lain antusias membeli teh. Dreamland sendiri ogah membeli karena pernah tertipu dan kelupaan meminum teh sesampainya di rumah. Memang acara wajib ke toko pemerintah ini membuat waktu wisata jadi molor berjam-jam dan durasi bermain di tempat wisata yang seharusnya jadi dipangkas habis-habisan. Ya itulah seni berwisata dengan tur. Kita duduk, mengikuti acara, dan diantar ke hotel hingga acara tur selesai.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.