Thursday, February 11, 2016

Toko Giok Berkedok Museum

Dreamland Traveller Moment




Toko Giok Berkedok Museum


            Kreativitas itu tidak ada batasnya. Hal ini juga berlaku pada toko giok yang dikunjungi saat Dreamland melakukan Taiwan Trip. Saat Dreamland turun dan memasuki toko giok ini, ada sebuah pemandangan ganjil yang Dreamland lihat dari pintu masuknya. Dengan nama “Chung-Hwa Pui-Shiou Museum”, Dreamland mempunyai ekspetasi awal kalau kita akan dibawa melihat pajangan, patung, atau karya seni yang mempunyai nilai sejarah tinggi. Apalagi kan yang namanya museum pasti berisi galeri yang lengkap dan menambah pengetahuan.

            Begitu masuk, alangkah terkejutnya Dreamland melihat pajangan yang ditaruh di “museum” ini hanya 2 patung singa giok kecil dan lukisan saja. Selebihnya ada sekitar 5 ruangan berukuran kecil dan sedang yang mampu menampung semua anggota rombongan tur. Eh begitu masuk, pintu langsung ditutup dan kita dijelaskan tentang giok, shio, dan peruntungan menggunakan batu mulia yang cocok dengan kepribadian kita.

            Langsung deh selesai penjualan, taktik dagang dimulai. Banyak petugas yang langsung melingkari setiap keluarga agar tidak kabur dari ruangan. Mereka menjelaskan kalau batu giok dapat memberi kesehatan, rezeki, dan keselamatan. Pokoknya banyak peserta tur yang terbius dengan penjelasan yang berbunga-bunga dari para penjual giok ini. Alhasil acara tur jadi molor 2 jam di tempat ini dan tur leadernya saja anteng-anteng saja. Padahal acara tur hari ini masih panjang dan banyak tempat yang harus dikunjungi!

            Satu hal yang menarik dari toko giok ini adalah meminjam istilah museum untuk mengaburkan taktik jualan yang cerdas khas negeri Tirai Bambu. Hal tersebut tidak salah kok. Buktinya ada peserta tur tajir yang membeli patung giok kecil seharga 10.000 TWD dan dibayar dengan kartu kredit. Memang kreativitas orang Taiwan ini mampu membuat kita berpikir di luar batas ya untuk membedakan museum dan toko giok!



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.